ANALISIS IMPLIKATIF VIRALITAS DAN QUALITY PRODUCT SEBAGAI STRATEGI ATTRITION DEFENSIVE PADA ERA DIGITAL

Diki Akhwan Mulya, Sahat Sahat, Samas Adimisa Mishbah Habibie, Ribut Santoso

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan penting implikatif viralitas dan kualitas produk sebagai upaya defensif atas consumer churn agar usaha tersebut sustainability. Pendekatan menggunakan metode campuran antara kuantitatif dan kualitatif, dengan mengkaji literatur terkait viralitas dan kualitas produk dalam konteks mempertahankan konsumen. Responden penelitian ini adalah sample acak para pelaku usaha di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viralitas sangat efektif dapat meningkatkan eksposur merek secara signifikan, sementara kualitas produk berperan dalam mempertahankan kepuasan pelanggan. Justru apabila suatu produk tidak mementingkan kualitasnya dan hanya fokus pada viralitas akan membuat brand product tersebut akan cepat kehilangan konsumen karena kepuasan konsumen yang negatif. Kombinasi kedua strategi ini sangat penting atas sustainability suatu perusahaan, terutama dalam menghadapi tantangan pasar yang dinamis. Studi ini memberikan wawasan bagi praktisi bisnis mengenai pentingnya integrasi viralitas dan kualitas produk sebagai yang tidak bisa dipisahkan dan langkah proaktif dalam bisnis.

Kata Kunci: Viralitas, Kualitas Produk, Attrition, Consumer Churn, Bisnis, Sustainability.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/me.v11i2.7413

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Supported by Association 

    

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : fekonumsb@gmail.com

 Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.