PENGARUH PERCEIVED VALUE DAN FASILITAS TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGUNJUNG WISATA LAWANG PARK DI KABUPATEN AGAM

Harry Wahyudi, Edi Suandi, David Malik, Chandra Syahputra, Mya Yuwanita Suhanda, Nurul Fadhila

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived  Value  (X1) dan Fasilitas (X2) terhadap Revisit Intention  (Y) pada pengunjung wisata lawang park di Kabupaten Agam dimediasi oleh Satisfaction (Z). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 150 responden dengan menggunakan rumus role of thumbs. Pengumpulan data penelitian melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik pengambilan sampel yaitu non probality sampling dan accidental sampling. Analisa data menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian, variabel Perceived  Value  (X1) terhadap Satisfaction (Z) diperoleh thitung 7.400 > 1.96 dengan tingkat signifikan dan sig. (0,000 < 0.05) artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Variabel Fasilitas (X2) terhadap Satisfaction (Z) thitung 3.062 > 1.96 dan sig. (0.002 < 0.05) artinya H0 ditolak dan H2 diterima. Perceived  Value (X1) terhadap Revisit Intention  (Y) thitung sebesar 3.604 > 1.96 dan sig. (0,000 < 0,05) artinya H0 ditolak dan H3 diterima. Fasilitas (X2) terhadap Revisit Intention  (Y) thitung sebesar 1.373 < 1.96 dan sig. (0,170 > 0,05) artinya H0 diterima dan H4 ditolak. Satisfaction (Z) terhadap Revisit Intention  (Y) thitung sebesar 5.463 > 1.96 dan sig. (0.000 < 0.05) artinya H5 diterima dan H0 ditolak. Pengaruh mediasi Perceived  Value  terhadap Revisit Intention  melalui Satisfaction memperoleh thitung 4.431 > 1.96 dan sig. 0.000 < 0.05 artinya H0 ditolak H6 diterima. Pengaruh mediasi Fasilitas terhadap Revisit Intention  melalui Satisfaction memperoleh thitung 2.368 > 1.96 dan sig. 0.018 < 0.05 artinya H0 ditolak dan H7 diterima.Nilai koefisien of determinan Perceived  Value  dan Fasilitas mampu menjelaskan Revisit Intention sebesar 74,4%  dan 25,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Perceived  Value dan Fasilitas mampu menjelaskan Satisfaction sebesar 66,0% dan 34% dipengaruhi oleh faktor lain.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/me.v11i1.7218

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Supported by Association 

    

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : fekonumsb@gmail.com

 Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.