PENGARUH PERILAKU BELAJAR, GAYA MENGAJAR DOSEN, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI
Sari
Mahasiswa Program Studi Akuntansi akan menjadi seorang praktisi akuntansi seperti akuntan,auditor, dan staf keuangan yang merupakan suatu profesi yang membutuhkan keahlian serta profesionalisme yang tinggi. Sebagai calon akuntan, mahasiswa akuntansi dituntut harus memiliki pemahaman mengenai ilmu-ilmu akuntansi khususnya pengetahuan-pengetahuan dasar akuntansi.
Pemahaman-pemahaman dasar akuntansi akan membantu mahasiswa Program Studi akuntansi untuk memahami ilmu-ilmu akuntansi selanjutnya. Variabel penelitian ini adalah perilaku belajar, gaya mengajar, kecerdasan emosional, dan pemahaman pengantar akuntansi. Hasil penelitian menyatakan bahwa perilaku belajar berpengaruhterhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Semakin baik perilaku belajar mahasiswa maka akan semakin baik juga tingkat pemahaman mahasiswa tersebut, gaya mengajar dosen berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Semakin baik gaya mengajar dosen maka akan semakin baik juga tingkat pemahaman mahasiswa tersebut, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, dapat memotivasi dirinya sendiri untuk terus belajar agar dapat meningkatkan pemahaman tentang akuntansi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ali, M, (2008), Psikologi Remaja: Perkembangan Partisipan didik. Jakarta: Bumi Aksara
Goleman (2003). Emotional Intelligence (Terjemahan T Hermaya). Jakarta. PT Gramedia Pustaka
Utama.
Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS21 Update PLS
Regresil, edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Iskandarsyah, Donny, (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa
dalam Mempelajari Matakuliah Akuntansi Keuangan Menengah. Universitas
Diponegoro.skripsi.
Lestari, R, (2004). “Pelatihan Berfikir Optimis Untuk Mengubah Perilaku Coping Pada
Mahasiswa”. Jurnal Psikodinamik
Munawir, S, (2004). Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Liberty, Yogyakarta
--------------- (2002). Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Liberty, Yogyakarta
--------------- (2007). Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Liberty, Yogyakarta
Nugraha, Aditya Prima, (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap
Tingkat Pemahaman Akuntansi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Rachmi, F, (2010). Pengaruh kecerdasan emosional, Kecerdasan Spiritual, dan perilaku belajar
terhadaptingkat pemahaman akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas
Diponegoro Semarang.
Suryanti J. Dan Nugroho, Ika P, (2004). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat
Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. X, No.2, Hal.260-281.
Siauw, Felix. Y, (2012). How to Master Your Habits. Jakarta. Khilafah Press
Widayanti, Rina, (2005). “Pengaruh Perilaku Belajar dan Kebiasan Belajar Terhadap Prestasi
Akademik Mahasiswa Akuntansi”. Universitas Katolik Soegijapranta Semarang
DOI: https://doi.org/10.31869/me.v4i2.686
Article Metrics
Sari view : 2491 timesPDF - 2749 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXING BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.