PENGARUH PERILAKU BELAJAR, GAYA MENGAJAR DOSEN, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

Immu Puteri Sari

Sari


Mahasiswa Program Studi Akuntansi akan menjadi seorang praktisi akuntansi seperti akuntan,auditor, dan staf keuangan yang merupakan suatu profesi yang membutuhkan keahlian serta profesionalisme yang tinggi. Sebagai calon akuntan, mahasiswa akuntansi dituntut harus memiliki pemahaman mengenai ilmu-ilmu akuntansi khususnya pengetahuan-pengetahuan dasar akuntansi.
Pemahaman-pemahaman dasar akuntansi akan membantu mahasiswa Program Studi akuntansi untuk memahami ilmu-ilmu akuntansi selanjutnya. Variabel penelitian ini adalah perilaku belajar, gaya mengajar, kecerdasan emosional, dan pemahaman pengantar akuntansi. Hasil penelitian menyatakan bahwa perilaku belajar berpengaruhterhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Semakin baik perilaku belajar mahasiswa maka akan semakin baik juga tingkat pemahaman mahasiswa tersebut, gaya mengajar dosen berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Semakin baik gaya mengajar dosen maka akan semakin baik juga tingkat pemahaman mahasiswa tersebut, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik, dapat memotivasi dirinya sendiri untuk terus belajar agar dapat meningkatkan pemahaman tentang akuntansi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M, (2008), Psikologi Remaja: Perkembangan Partisipan didik. Jakarta: Bumi Aksara

Goleman (2003). Emotional Intelligence (Terjemahan T Hermaya). Jakarta. PT Gramedia Pustaka

Utama.

Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS21 Update PLS

Regresil, edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iskandarsyah, Donny, (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Mahasiswa

dalam Mempelajari Matakuliah Akuntansi Keuangan Menengah. Universitas

Diponegoro.skripsi.

Lestari, R, (2004). “Pelatihan Berfikir Optimis Untuk Mengubah Perilaku Coping Pada

Mahasiswa”. Jurnal Psikodinamik

Munawir, S, (2004). Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Liberty, Yogyakarta

--------------- (2002). Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Liberty, Yogyakarta

--------------- (2007). Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Liberty, Yogyakarta

Nugraha, Aditya Prima, (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap

Tingkat Pemahaman Akuntansi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rachmi, F, (2010). Pengaruh kecerdasan emosional, Kecerdasan Spiritual, dan perilaku belajar

terhadaptingkat pemahaman akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas

Diponegoro Semarang.

Suryanti J. Dan Nugroho, Ika P, (2004). “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat

Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. X, No.2, Hal.260-281.

Siauw, Felix. Y, (2012). How to Master Your Habits. Jakarta. Khilafah Press

Widayanti, Rina, (2005). “Pengaruh Perilaku Belajar dan Kebiasan Belajar Terhadap Prestasi

Akademik Mahasiswa Akuntansi”. Universitas Katolik Soegijapranta Semarang




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v4i2.686

Article Metrics

Sari view : 2482 times
PDF - 2742 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.