MOTIVASI DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK NAGARI CABANG SYARIAH PADANG

Riche Fermayani, Ash Shadiq Egim, Tri Irfa Indrayani, Ridha Rahmatika

Sari


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan penanganan keluhan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Nagari Cabang Syariah Padang. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yaitu nasabah Bank Nagari Cabang Syariah Padang. Metode analisis adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel penanganan keluhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah karena nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji f simultan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa motivasi dan penanganan keluhan secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Besarnya pengaruh dari variabel motivasi dan penanganan keluhan terhadap variabel kepuasan nasabah sebesar 86,4%, sisanya sebesar 13,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar model penelitian.

 

Kata Kunci : Motivasi, Penanganan Keluhan, dan Kepuasan Nasabah


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/me.v10i1.5835

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.