PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP KINERJA GURU SERTA DAMPAKNYA PADA MUTU LULUSAN PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN BANDAR LAKSAMANA

Nursiwati Nursiwati, Rahmawati Rahmawati

Sari


Mutu atau kualitas lulusan siswa menjadi tolak ukur atas baik atau tidaknya kinerja guru dan kinerja sekolah secara umum. Oleh karena itu, pihak manajemen sekolah harus mampu mengetahui dan mengendalikan faktor yang mempengaruhi kinerja guru tersebut. Pada penelitian ini hanya menfokuskan pada faktor sarana dan prasarana yang mempangaruhi kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SPM yang bestatus sebagai sekolah negeri yang ada di Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis pengaruh sarana dan prasarna terhadap kinerja guru; 2) menganalisis pengaruh sarana dan prasarana secara langsung terhadap kualitas lulusan; 3) menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap kualitas lulusan; serta 4) menganalisis pengaruh sarana dan prasarana terhadap kualitas lulusan melalui kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP yang ada di sekolah negeri Bandar Laksamana dengan jumlah saat ini 39 orang dan semuanya dijadikan sampel, sehingga teknik penarikan sampel dilakukan dengan metode sensus. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dengan metode kuesioner, observasi dan file riset. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model SEM dan pengolahan data dimanfaatkan program SmartPLS.

Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan yaitu; 1) sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Artinya semakin baik dan lengkap sarana dan prasarana maka kinerja guru semakin baik dan sebaliknya, sehingga hipotesis pertama diterima. 2) sarana dan prasarana secara langsung tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap kualitas lulusan siswa. Dengan demikian hipotesis kedua ditolak. 3). Kinerja guru secara langsung berpengaruh terhadap kualitas lulusan siswa. Semakin baik kinerja guru semakin meningkat kualitas lulusan dan sebaliknya, sehingga hipotesis ketiga pada penelitian ini di terima. 4). Sarana dan prasarana berpengaruh signifikan terhadap kualitas lulusan siswa melalui kinerja guru. Artinya semakin lengkap sarana dan prasarana sekolah, maka semakin baik kinerja guru dan dampaknya semakin meningkat kualitas luluan, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian hipotesis ke empat di terima atau kinerja guru dapat berperan sebagai variabel antara (moderating) pada penelitian ini.

 

 Kata Kunci: Sarana dan Prasarana, Kinerja Guru, Kualitas Lulusan


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/me.v10i2.5339

Article Metrics

Sari view : 30 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.