ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada SDN 46 dan SDN 47 Mandau)

Hamidah Hamidah, Supardi Supardi

Sari


 Kinerja guru adalah prestasi mengajar yang dihasilkan dari kegiatan yang dilakukan guru dalam tugas pokok dan fungsinya dalam realisasi yang konkrit. Guru harus mempunyai kinerja yang baik agar kegiatan pembelajaran berjalan maksimal, oleh karena itu perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SDN 46 dan SDN 47 Mandau dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis; 1) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja; 2) pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi kerja; 3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru; 4) pengaruh langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; 5) pengaruh langsung kompetensi terhadap kinerja guru; 6) pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja dan 7) pengaruh tidak langsung kompetensi guru terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja.

 

Sampel penelitian ini adalah guru SDN 46 dan SDN 47 Mandau yang berjumlah 41 guru, pengambilan sampel dilakukan dengan cara sensus. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner, observasi dan berkas penelitian. Alat analisis data dilakukan dengan menggunakan model Structural Equation Modeling (SEM) dan pengolahannya menggunakan paket program SmartPLS, serta pengujian hipotesis dilakukan pada alpha 5%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terbukti berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru; 2) kompetensi guru terbukti berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja; 3) motivasi kerja terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru; 4) gaya kepemimpinan kepala sekolah terbukti mempunyai pengaruh langsung terhadap kinerja guru; 5) kompetensi belum terbukti memberikan pengaruh langsung yang signifikan terhadap kinerja guru; 6) terbukti terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja dan 7) terbukti terdapat pengaruh tidak langsung kompetensi guru terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja.

 

Kata Kunci : Kinerja, Gaya Kepemimpinan, Kompetensi, Motivasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Evaluasi kinerja SDM, Penerbit Refika Aditama, Bandung

Alwi, Syafaruddin, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif, Penerbit BPFE, Yogyakarta

Afiah Mukhtar dan Luqman MD, 2020, Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar, Jurnal Idaarah, Vol. IV, No. 1, Juni

Annisa Nur Islam, 2021, Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dengan Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening (Studi Penelitian Pada SMA Negeri Di Kab. Sanggau Di Masa Pandemi Covid-19),

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/48872

Aulia Reski Novianti Alnisyar, dkk, 2022, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi, Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, Vol 1 No. 4 Juli, Hal 280-287, p-ISSN: 2808-358X and e-ISSN: 2809-0632

A. Tabrani Rusyan, 2010, Pendidikan Budi Pekerti, Penerbit PT Cuti Media Cipta Nusantara, Jakarta

Dini Dwiyani dan Alit Sarino, 2018, Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Sebagai Determinan Kinerja Guru, Jurnal Manajerial, Vol. 3 No.4 Januari

E. Mulyasa, 2018, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Farida Sarimaya, 2012, Sertifikasi Guru, Penerbit Yrama Widya, Bandung

Ghozali, Imam. 2006, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ke-4, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hamzah B. Uno, 2014, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta

Kartono dan Kartini, 2014, Pemimpin dan Kepemimpinan, Penebit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Karweti, Engkay. 2010. Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11 (2) 77-89

Lamatenggo, 2011, Kinerja Guru: Korelasi antara Persepsi Guru TERHADAP PERILAKU Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gorontalo. Tesis. Universitas Negeri Jakarta

Lazaruth. Soewadji, 2012, Kepala Sekolah dan Tanggung jawabnya, Penerbit Kanisius, Yogyakarta

Luluk Atirotu Zahroh, 2014, Peningkatan Profesionalisme Guru Raudhatul Athfal, Tulungagung, Jurnal Ta’alum Vol. 2, No. 1

Mohammad Bahrul Ulum, Endi Sarwoko, dan Agung Yuniarianto, 2020, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru: Peran Mediasi Motivasi Kerja, JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 3, No 4 Desember

RA. Zubaida, 2016, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Kerja Guru Serta Implikasinya Pada Kinerja Guru Di Smp Negeri Kota Palembang, Jurnal Ecoment Global, Vol. 1 No.2

Retno Resawati dan Irena Larashati, 2016, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru, Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 10, No. 2

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Penerbit Alfabeta, Bandung

Sukiyanto dan Tsalitsatul Maulidah, 2020, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Guru Dan Karyawan, JPE: Jurnal Pendidikan Edutama, Vol. 7 No. 1 Januari

Supardi. 2014, Kinerja Guru, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Titin Eka Ardiana, 2017, Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun, Jurnal Akuntansi Dan Pajak, Vol. 17, No. 02, Januari.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v10i1.5290

Article Metrics

Sari view : 116 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.