PENGARUH KOMPETENSI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN SOLOK
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi dan efikasi diri terhadap kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Solok. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Solok yang berjumlah 37 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda Y = 1,336 + 0,180 df = n-k = 37-3 = 34 (1,690). Jadi nilai thitung (2,176) > ttabel (1,690). Variabel efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Solok dengan nilai thitung>ttabel dengan df = n-k = 37-3 = 34 (1,690). Jadi nilai thitung (3,322) > ttabel (1,690). Hasil uji F variabel kompetensi dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Solok dengan nilai Fhitung (9,471) > Ftabel (3,28) dan tingkat signifikansi 0,001<0,05 . Berdasarkan hasil penelitian, nilai koefisien determinasi terdapat pada Adjusted R Square dengan nilai sebesar 0,320, hal ini berarti variabel independen dalam penelitian ini yaitu kompetensi dan efikasi diri mampu memberikan kontribusi terhadap variabel dependen, yaitu kinerja yaitu sebesar 32%, sisanya sebesar 68% dipengaruhi oleh variabel lain seperti motivasi, penghargaan, pengalaman kerja, umur dan lain sebagainya.
Keywords: Kompetensi, Efikasi diri dan Kinerja
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4845
Article Metrics
Sari view : 117 timesPDF - 226 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXING BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.