PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA

Meisy Pujianti Ningrum, Sulikah Sulikah, Muammar Khadafi, Damsar Damsar

Sari


Penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan literasi keuangan dan pendidikan keuangan di keluarga terhadap perilaku keuangan mahasiswa prodi Keperawatan Stikes Hang Tuah Tanjungpinang semester II. Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif, dalam pengumpulan kueisioner dan analisis data menggunakan statistik deskriptif serta regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan literasi keuangan dan pendidikan keuangan di keluarga terhadap perilaku keuangan mahasiswa yang signifikan.

Kata Kunci: Literasi keuangan, pendidikan keuangan, perilaku keuangan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chotimah dana Rohayati, 2013. Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Sosial Ekonomi Orang Tua. Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritual, dan Teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Laily, N. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journal Of Accounting And Business Education, 1(4).

Mandell, L. 2008. Financial Literacy Of High SchoolStudents. Handbook Of Consumer Finance Research, 163-183.

Rosa, I., & Listiadi, A. 2020. Pengaruh Literasi Keuangan, Pendidikan Keuangan di Keluarga, Teman Sebaya, dan Kontrol Diri Terhadap Manajemen Keuanhan Pribadi. Jurnal Manajemen, 12(2),244-252.

Shalahuddinta dan Susanti. 2011. Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Pengalaman Bekerja dan Pembelajaran di Perguruan Tingggi Terhadap Literasi Keuangan.

Syuliswati, A. 2020. Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Gaya Hidup, Pembelajaran Serta Pengaruhnya Terhadap Literasi Keuangan. Akuntansi Bisnis & Manajemen ( Abm ), 27(1), 53)

Wahyuni, E. S. dan Ramadhan, F. 2022. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Locus Of Control Dan Financial Management Behavior Dengan Financial Technology Sebagai Variabel Moderating Pada Dosen di Batam Selama Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Menara Ekonomi. Vol. VIII, No. 1, 102-115.

Welly, Kardinal, dan Ratna Juwita. 2015. Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi di STIE Multi Data Palembang.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i1.4805

Article Metrics

Sari view : 133 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.