FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLETT DI ALAHAN PANJANG SUMATERA BARAT

Nurhaida Nurhaida, Tri Irfa Indrayani, Vini Oktania

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang paling dominan         dan menentukan keputusan pembelian produk Scarlett di Alahan Panjang Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini di lakukan di Nagari Alahan Panjang pada bulan Januari 2023 hingga bulan        Februari 2023. Populasinya adalah masyarakat Alahan Panjang. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Alahan Panjang yang sudah mengetahui produk Scarlett baik yang belum pernah menggunakan produk Scarlett maupun yang sudah pernah menggunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan google form. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diketahui bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu faktor budaya dan faktor psikologis berpengaruh paling besar  dibandingkan dengan faktor lainnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai frekuensi pada faktor budaya sebesar 28%, faktor sosial memperoleh nilai frekuensi 24%, faktor pribadi memperoleh nilai frekuensi sebesar 20% dan faktor psikologis memperoleh nilai frekuensi yang sama dengan faktor budaya yaitu sebesar 28%. Sehingga dalam hal ini dapat  disimpulkan bahwa faktor budaya dan faktor psikologis memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian produk         Scarllet.

Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor

  Pribadi dan Faktor Psikologis.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Algus Hermalwaln. (2013). Promosi dallalm Prioritals Kegialtaln Pemalsalraln. Jalkalrtal.

Ferinaldewi, Ernal, 2008, Merek & Psikologi Konsumen Implikalsi paldal Straltergi Pemalsalraln, edisi Pertalmal, Gralhal Ilmu, Yogyalkalrtal

Jefkins, Fralnk. 2003. Public Relaltions Edisi kelimal, Jalkalrtal: PT Geloral Alksalral Prtalmal.

Kuncoro,Mudraljal, 2010, Otonomi daln Pembalngunaln Daleralh, Fokusmedial, Jalkalrtal.

Kotler daln Keller. 2008. Malnaljemen Pemalsalraln. Edisi 13. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.

Kotler daln Keller. 2009. Malnaljemen Pemalsalraln. Edisi 12. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.

Kotler daln Keller. 2009. Malnaljemen Pemalsalraln. Edisi 13. Jilid 2. Jalkalrtal : Erlalnggal.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Malnaljemen Pemalsalraln (Jilid 1 Ed). Erlalnggal.

Kotler, Phillip daln Keller. (2016). Malnaljemen Pemalsalraln edisi 12 Jilid 1 & 2.Jalkalrtal. PT.Indeks.

Kotler daln Almstrong. 2006. (terj,Bob Salbraln) prinsip-prinsip pemalsalraln edisi 12. Jalkalrtal : erlalnggal

Kotler, Philip daln Almstrong, Galry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemalsalraln. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.

______. 2010. Prinsip-Prinsip Pemalsalraln. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.

______. 2012. Prinsip-Prinsip Pemalsalraln. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.

______. 2013. Prinsip-prinsip Pemalsalraln, Edisi ke-12. Penerbit Erlalnggal.

______. 2014. Prinsip-Prinsip Malnaljemen. Edisi 14, Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal

Kotler, P daln Almstrong.2018. Prinsip-prinsip Malrketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Sallembal Empalt. Jalkalrtal.

Malrchelinal, Rosallial Thesyal, 2021. " Falktor-Falktor Yalng Mempengalruhi Keputusaln Pembelialn Paldal Produk Bening’s Skincalre Di Kotal Paldalng". Skripsi, Progralm Studi Malnaljemen, Universitals Muhalmmaldiyalh Sumalteral Balralt.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitialn Bisnis, Allphalbethal, Balndung.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitialn Kualntitaltif. Balndung: Allfalbetal.

Trisnalwalti, N., Riefialnti, R., & Almdalni, Al. (2022). Alnallisal Falktor Falktor Yalng Mempengalruhi Keputusaln Pembelialn. Ikralith-Ekonomikal, 6(1), 170–179.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4300

Article Metrics

Sari view : 134 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.