FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLETT DI ALAHAN PANJANG SUMATERA BARAT
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang paling dominan dan menentukan keputusan pembelian produk Scarlett di Alahan Panjang Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini di lakukan di Nagari Alahan Panjang pada bulan Januari 2023 hingga bulan Februari 2023. Populasinya adalah masyarakat Alahan Panjang. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Alahan Panjang yang sudah mengetahui produk Scarlett baik yang belum pernah menggunakan produk Scarlett maupun yang sudah pernah menggunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan google form. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data diketahui bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu faktor budaya dan faktor psikologis berpengaruh paling besar dibandingkan dengan faktor lainnya. Hal ini dapat dilihat dari nilai frekuensi pada faktor budaya sebesar 28%, faktor sosial memperoleh nilai frekuensi 24%, faktor pribadi memperoleh nilai frekuensi sebesar 20% dan faktor psikologis memperoleh nilai frekuensi yang sama dengan faktor budaya yaitu sebesar 28%. Sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa faktor budaya dan faktor psikologis memberikan pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian produk Scarllet.
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor
Pribadi dan Faktor Psikologis.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Algus Hermalwaln. (2013). Promosi dallalm Prioritals Kegialtaln Pemalsalraln. Jalkalrtal.
Ferinaldewi, Ernal, 2008, Merek & Psikologi Konsumen Implikalsi paldal Straltergi Pemalsalraln, edisi Pertalmal, Gralhal Ilmu, Yogyalkalrtal
Jefkins, Fralnk. 2003. Public Relaltions Edisi kelimal, Jalkalrtal: PT Geloral Alksalral Prtalmal.
Kuncoro,Mudraljal, 2010, Otonomi daln Pembalngunaln Daleralh, Fokusmedial, Jalkalrtal.
Kotler daln Keller. 2008. Malnaljemen Pemalsalraln. Edisi 13. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.
Kotler daln Keller. 2009. Malnaljemen Pemalsalraln. Edisi 12. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.
Kotler daln Keller. 2009. Malnaljemen Pemalsalraln. Edisi 13. Jilid 2. Jalkalrtal : Erlalnggal.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Malnaljemen Pemalsalraln (Jilid 1 Ed). Erlalnggal.
Kotler, Phillip daln Keller. (2016). Malnaljemen Pemalsalraln edisi 12 Jilid 1 & 2.Jalkalrtal. PT.Indeks.
Kotler daln Almstrong. 2006. (terj,Bob Salbraln) prinsip-prinsip pemalsalraln edisi 12. Jalkalrtal : erlalnggal
Kotler, Philip daln Almstrong, Galry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemalsalraln. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.
______. 2010. Prinsip-Prinsip Pemalsalraln. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.
______. 2012. Prinsip-Prinsip Pemalsalraln. Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal.
______. 2013. Prinsip-prinsip Pemalsalraln, Edisi ke-12. Penerbit Erlalnggal.
______. 2014. Prinsip-Prinsip Malnaljemen. Edisi 14, Jilid 1. Jalkalrtal : Erlalnggal
Kotler, P daln Almstrong.2018. Prinsip-prinsip Malrketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Sallembal Empalt. Jalkalrtal.
Malrchelinal, Rosallial Thesyal, 2021. " Falktor-Falktor Yalng Mempengalruhi Keputusaln Pembelialn Paldal Produk Bening’s Skincalre Di Kotal Paldalng". Skripsi, Progralm Studi Malnaljemen, Universitals Muhalmmaldiyalh Sumalteral Balralt.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitialn Bisnis, Allphalbethal, Balndung.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitialn Kualntitaltif. Balndung: Allfalbetal.
Trisnalwalti, N., Riefialnti, R., & Almdalni, Al. (2022). Alnallisal Falktor Falktor Yalng Mempengalruhi Keputusaln Pembelialn. Ikralith-Ekonomikal, 6(1), 170–179.
DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4300
Article Metrics
Sari view : 141 timesPDF - 128 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXING BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.