STUDI KOMPARASI ANTARA PEMBUDI DAYA IKAN LELE DENGAN SISTEM PENJUALAN MELALUI TENGKULAK DAN PENJUALAN MANDIRI DI SIDOMULYO GONDANG TULUNGAGUNG
Sari
Usaha budidaya ikan lele merupakan usaha budidaya ikan konsumsi yang saat ini banyak dikembangkan para petani ikan di Tulungagung. Namun karena keterbatasan modal, banyak para pembudidaya meminjam modal kepada tengkulak. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui perbedaan sistem penjualan antara pembudidaya ikan lele melalui tengkulak dan melalui mandiri di Sidomulyo Gondang Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif komparatif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini menemukan bahwa penjualan melalui tengkulak lebih menguntungkan dan efisien dari pada penjualan mandiri. Hal ini dikarenakan melalui tengkulak, semua ikan hasil panen dibeli semua oleh tengkulak sehingga mengurangi ikan yang tersisa. Tengkulak juga sudah menyediakan tenaga kerja untuk membantu memanen. Di samping itu, pembudi daya dapat menerima uang hasil penjualan secara langsung. Sementara pembudidaya melalui mandiri semua kegiatan mulai dari memanen hingga menjual dilakukan sendiri dan memakan waktu lama untuk menghabiskannya, serta pendapatan tergantung banyaknya ikan yang terjual.
Keywords: Budidaya ikan, sistem penjualan, sistem mandiri, sistem tengkulak
Teks Lengkap:
PDFReferensi
, A. K.-b.-a.-t.-d.-i. (2010). Komoditas Budidaya Air iTawar di iIndonesia.
ihttp://benihikan.net/kabar /komoditas-budidaya-air-tawar-di-indonesia/. Diakses itanggal i15 Desember 2010.
Aldi, G. S. (2008). “Strategi Pengembangan Usaha Tani Lele Dumbo Di Kabupaten Boyolali”.
Amri. (t.thn.). Khairuman. 2008. Prospek Pasar ikan lele dumbo. ihttp://hobiikan.blogspot.com/2009/09/prospek-pasar-ikan-leledumbo.html. i Di iakses tanggal 21 Januari 2011.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bumi Akasara.
Djarijah, A. ( 2001). Pembenihan ikan Mas. Yogyakarta: IKanisius.
Dwijaksono, J. (2009). Pengaruh ieksposur inilai itukar, iinflasi, idan isuku ibunga iterhadap iprofitabilitas (Studi ikasus ipada iPerusahaan iPerbankan iyang itercatat idi iBursa iEfek iIndonesia). i ihttp://karya-ilmiah.um.ac. i iID i/ iindeks. .
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Hernowo. (1999). Pembenihan & Pembesaran Lele di Pekarangan, Sawah, dan Longyam. Jakarta: Penebar Swadaya.
Hidorat, C. (2010). Peluang Usaha.http://promosipeluangusaha.com//diakses pada tanggal 6 Februari 2011.
Humroni, M. (2007). Akad Jual Beli Bibit Ikan Lele Ditinjau Dalam Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Desa Pujokerto Kecamatan Trimorjo Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Mazahib, Vol. IV No. 1, 87-99.
Jakfar, K. d. (2007). Studi Kelayakan Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.
Jangkaru, Z. (2004). Memelihara Ikan di Kolam Tadah Hujan. Jakarta: Penebar Swadaya.
Julia. (2018). Orientasi Estetik Gaya Pirigan Kacapi Indung dalam Kesenian Tembang Sunda Cianjuran di Jawa Barat. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Luthfiyah, M. F. (2017). Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Mamduh, A. (2008). Strategi Pemberdayaan Kelompok Pembudidaya Ikan Ulam Sari Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal.
Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: UB Press.
Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasrudin. (2010). Jurus Sukses Beternak Ikan Lele Sangkuriang. Jakarta : Penebar Swadaya.
Nazir. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Graha Ilmu
Pujileksono, S. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.
Rangkuti, Freddy (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ridwan. (2004). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.
Raymond, Mcleod. (2004). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Prenhallindo, Jilid 1
Saefuddin, H. d. (2006). Tata niaga Hasil Perikanan. Jakarta: itekan ul.
Saputri, R. T. (2014). Peran Hasil Produksi Budidaya Ikan Lele Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam Studi Di Pekon Kebumen Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Jurnal Emba, Vol.2 , 88.
Setiawan, A. A. (2018). Metode Penelitian Kualaitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Sukriyah, I. (2016). Strategi Bisnis Budidaya Ikan Lele Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Kelompok Budidaya Ikan Lele Kersa Mulya Bakti Kec. Kapetakan Kab. Cirebon). Jurnal eprints STAIN Kudus, Vol. 1 No. 1, 57-81.
Yani, D. (2014). strategi pengembangan bisnis budaya ikan lele. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Yusuf, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i1.4261
Article Metrics
Sari view : 226 timesPDF - 125 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXING BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.