PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DAN PROGRAM PENGEMBANGAN TENAGA PENDIDIK TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK GUGUS V KECAMATAN HARAUKABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Devi Esisna, Antoni Karnedi

Sari


This researchadopts thequantitative method with the causal design. It aimsto investigatethe
impactsof academic supervision and educatorsdevelopmentprogramson kindergarten
teachers’ performance in Harau Lima Puluh Kota regency. The population of this research
is60 kindergarten teachers in the Harau sub-district. The data were collected fromMarch
untilApril 2016. The variables of theresearch areacademic supervision given by the
headmasters, educators development programs, and teachers’ performance. Based on the
analysis, someconclusionsare drawn:1) there aresignificant and positive impactsof
academic supervision by the headmastersonthe educators’ performance;the hypothesis
isaccepted, 2) there areno significant impactsof educators’ development programs onthe
teachers’ performance;the hypothesis isthen rejected, 3) academic supervision by the
headmasters and the educator development programs simultaneously affect the teachers’
performance as indicated bythe probability value (sig) < 0,05. The research have some
implicationsonthe higher intensity of academic supervision in the learning process,
observation, curriculum development, and professional development;the teacherswill have
a better performance accordingly.
Keywords: Academic Supervision, Educator Development, Teacher Performance.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dantes, G.R., Lasmawan, I. W. Dan Sumadiana, I. M.S. (2015). Konstribusi supervisi

akademik, iklim kerja, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru dalam

mengelola proses pembelajaran. Journal Program Pascasarjana Universitas

Pendidikan Ganesa Program Studi Pendidikan Dasar 2(5),h 7-10

Fattah, N. (2000).Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Andika.

Gaol, J. (2014). A.to Z Human Caapital Manajemen Sumber daya manusia. Jakarta:

PT.Gramedia.

Hadi, S. (2003).Aplikasi Statistik dan Metode Penelitian Untuk Administrasi dan

Manajemen. Bandung. Dewi Ruchi.

Kadarisman. (2014). Manjemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Raja

Grafindo Persada.

Mangkunegara, A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung. PT Remaja

Rosda Karya.

Mulyasa. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen&Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara.

Rachmawati, T. Daryanto. (2015). Supervisi Pembelajaran Ifeksi Meliputi Controlling,

Correcting, Judging, Directing, Demonstration. Yogyakart: Penerbit Gava Media.

Robbins, S. Coulter, M. (2007). Manajemen 2 edisi kedelapan/jilid. Indonesia: PT

Macanan Jaya Cemerlang.

Safari.S.A. Jaafar, G. Ali, R. H. (2015). The effect of educational supervision on

improving teachers’ Performances In Guidance Schools Of Marand. Indian Jurnal Of

Fundamental And Applied Live Scelences 2(5), h 4.

Sagala, E.J dan Veithzal, R.(2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sahertian, A. P. (2010). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka

Pengembangan Sumber Daya Manusia.Jakarta. Rineka Cipta.

Santoso, Singgih.(2007).BukuLatihan SPSS Statistik Parametrik, Edisi Revisi. Jakarta : PT

Alex Media. Komputindo.

Sudin. Ali. (2008). Implementasi Supervisi Akademik terhadap Proses Pembelajaran di

Sekolah Dasar Se-Kabupaten Sumedang. Diambil 15 Januari 2015. Dari situs

http://jurnal.upi.edu/pendidikan-dasar/view/103

Sugiono dan Rahadhini MD.(2011). Pengaruh pendidikan dan pelatihan, motivasi kerja,

dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SD Gabus Kabupaten.Jurnal Manajemen

Sumber DayaManusia 1(5), h 2-10.

Sukoco, F dan Kunartinah (2010). Pengaruh pendidikan dan pelatihan, pembelajaran

organisasi terhadap kinerja dengan kompetensi sebagai mediasi. Jurnal Bisnis dan

Ekonomi (JBE) 1(17). h 82.

Sumadi., Sultan.DJ dan Dedi.L. (2013). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan

kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah menengah pertama di

Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lamapung Timur. Jurnal FKIP Unila 2(1), h 6-8.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta.PT. Raja Grafindo Persada.

Tehreem, R. Tehreem, R. Anam, A. Mirna, Simra. Lodhi,M,R,N. Saeed R. Amin, A.

(2013). Impact of Employees Training On the Job Performance in Education Sektor

of Pakistan. Middle –East Journal of Scientific Recearch 17 (9), h 1273.

Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 tahun (2007)

Tentang Standar Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan RI.No 137 tahun 2014. Standar Pendidikan

Anak Usia Dini.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v3i6.407

Article Metrics

Sari view : 131 times
PDF - 405 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.