DETERMINAN KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Emilia Septa Putri, M. Titan Terzaghi

Sari


Penelitian ini bertujuan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini yaitu meliputi umur perusahaan, ukuran perusahaan, leverage, likuiditas dan profitabilitas sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2020 dan berdasarkan kriteria yang ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman, sehingga observasi dalam penelitian ini berjumlah 48 data pengamatan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur perusahaan dan likuiditas tidak memiliki pengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sedangkan, ukuran perusahaan dan leverage memiliki pengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan dan profitabilitas dalam memoderasi variabel umur perusahaan dan likuiditas tidak memiliki pengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sedangkan, profitabilitas dalam memoderasi variabel ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.
Kata Kunci: Ketepatan Waktu, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, N. P. Y., Novitasari, N. L. G., & Dewi, N. L. P. S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan Dan Leverage Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Kumpulan Hasil Riset Mahasiswa Akuntansi (KHARISMA), 3(2), 243-254.

Dewinta, I. A. R., & Setiawan, P. E. (2016). Pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, leverage, dan pertumbuhan penjualan terhadap tax avoidance. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(3), 1584-1613.

Harahap, (2015). Laporan keuangan.

Islam, L. N., & Fuad, F. (2015). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan: Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012–2013) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Jayanti, F. D. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit dan Profitabilitas Terhadap Ketepatan Penyampaian Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi, 14(1), 26-33.

Kusumawardani, R., & Priyadi, M. P. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Dengan Profitabilitas Sebagai Moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 7(5).

Putri, D. M. A., Nugroho, T. R., & Ilmiddaviq, M. B. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan: Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi

Shinta Kasin, R. I. A. (2018). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Akuntansi, 7(1).

Utami, D., & Yennisa, Y. (2017). Faktor-Faktor Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Sub Sektor Bank di Bursa Efek Indonesia. Akuntansi Dewantara, 1(1), 31-38.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v8i2.3542

Article Metrics

Sari view : 385 times
PDF - 185 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.