PENGARUH REVIEW TAMU ONLINE TRAVEL AGENT,SERVICE QUALITY DAN FASILITAS TERHADAP PURCHASE DECISION DI GRAND ROCKY HOTEL PADANG

Tri Irfa Indrayani, Raftul Fedri, Nurhaida Nurhaida

Sari


ABSTRAK : Saat ini industri pariwisata di Indonesia berkembang dengan pesat, yang ditandai dengan meningkatnya kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat hunian hotel di tiap-tiap daerah. Tingginya tingkat persaingan bisnis hotel membuat pemilik hotel harus berlomba-lomba untuk memberikan kemudahan, fasilitas dan layanan yang terbaik. Di era digital yang semakin canggih memudahkan para tamu memilih dan memesan hotel melalui internet atau aplikasi. Online Travel Agent merupakan perusahaan jasa penyelenggara perjalanan wisata termasuk tiket transportasi dan tiket wisata serta booking hotel yang berbasis online. Melalui fitur review yang pada Online Travel Agent (OTA) para tamu dapat menjadikan  hal tersebut \sebagai pertimbangan dalam menentukan keputusan menginap di suatu hotel.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari review tamu online travel agent,service quality dan fasilitas terhadap purchase decision di Grand Rocky Hotel Padang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu dengan menyebarkan kuisioner kepada tiap-tiap individu. Penelitisn ini menggunakan metode analisis regresi untuk analisis pengaruh variabel lainnya.

Kata Kunci:  review tamu online travel agent,service quality,fasilitas,purchase decision.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annishia, F. B., & Prastiyo, E. (2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata.

Antara, M., Astuti, L. S., & Madiun, I. N. (2017). E-Marketing Pemasaran Villa Menggunakan Online Travel Agents. Pelawa Sari.

Apjii. (2018). Buletin Apjii Edisi 22 - Maret 2018. Apjii.

Arianto, D. A. N. (2010). Sistem Perbankan Islam Dan Perkembangannya Di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 7(1), 47–56. Https://Ejournal.Unisnu.Ac.Id/Jdeb/Article/View/129

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi Vi. In Rineka Cipta.

Bps. (2020). Berita Resmi Statistik. Bps.Go.Id.

Bps. (2017). Jumlah Kedatangan Wisatawan Mancanegara Ke Indonesia Menurut Pintu Masuk, 1997-2016. Bps.Go.Id. Https://Www.Bps.Go.Id/Pressrelease/2020/03/0 2/1712/Jumlah-Kunjungan-Wisman-Keindonesia-Januari-2020-Mencapai-1-27-Jutakunjungan-.Html

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23. (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryono, G., & Evanita, S. (2015). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Jambi Permata Tour Dan Travel Di Sungai Penuh.E-Jornal Universitas Negeri Padang.

Husna, N. (2017). Online Travel Agent Sebagai Faktor Pendukung Dan Penghambat Strategi Komunikasi Pemasaran Public Relations Hotel.

Irianto, A. (2004). Statistik Konsep Dasar, Aplikasi Dan Pengembangannya. In Standard Methods For The Examination Of Water And Wastewater.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles Of Marketing 17th Global Edition. In Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, L. (2018). Manajemen Pemasaran (Kedua Bela). Indeks.

Kotler, P., & Armstrong (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12). Terjemahan oleh Bob Sabran,M.M Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa: Edisi 3. Penerbit Salemba Empat.

Oetama, S., & Herlina Sari, D. (2017). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Mandiri (Persero) Tbk Di Sampit. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis.

Putra, S. A. W., & Riorini, S. V. (2016). Pengaruh Online Reviews Terhadap Online Hotel Booking Intentions Pada Online Travel Agent Lokal. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan.

Deviani Marthasari & Deborah Christine Widjaja (2016). Pengaruh ulasan online pada online travel agency (ota) terhadap minat pemesanan kamar hotel di surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Reserach Methods For Bussiness A Skill-Bulding Approach. Printer Trento Srl.

Setiawan, S. (2019). “Studi Kepustakaan” Pengertian & (Tujuan – Peranan – Sumber – Strategi). Gurupendidikan.Co.Id.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D). Alfabeta.

Sujarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian - Bisnis Dan Ekonomi. In Metodologi Penelitian.

Sulastiyono, A. (2006). Teknik Dan Prosedur Divisi Kamar Pada Bidang Hotel. Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata Dan Akomodasi.

Sutanto, M. A., & Aprianingsih, A. (2016). He Effect Of Online Consumer Review Toward Purchase Intention: A Study In Premiumcosmetic In Indonesia. International Conference On Ethics Ofbusiness, Economics, And Social Science.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v7i3.3165

Article Metrics

Sari view : 710 times
PDF - 340 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.