PENINGKATAN DAYA SAING DODOL NANAS SI-JANK  MELALUI STRATEGI PEMASARAN PRODUK
	Susilawati Susilawati, Sunardi Sunardi
	
			
		Sari
		
		Dodol merupakan salah satu jenis makanan ringan tradisional yang banyak ditemukan pada berbagai daerah yang ada di Indonesia. Salah satu usaha UKM di Desa Sijang Kecamatan Galing Kabupaten Sambas yang melakukan pengolahan nanas menjadi dodol nanas adalah UKM Mawar Merah dengan merek dodol nanas Si-Jank. Mengingat usaha produksi dodol nanas            Si-Jank dari UKM Mawar Merah ini baru dilakukan sejak tahun 2018, maka usaha pengolahan dodol nanas ini memberikan peluang yang cerah untuk dikembangkan. Namun, hasil penjualan dodol nanas Si-Jank belum maksimal, sehingga belum tercapainya target penjualan maupun keuntungan yang diharapkan, serta menurunnya penjualan selama pandemic Covid-19. Pemasaran dodol nanas Si-Jank yang tepat sangat berperan penting guna keberhasilan usaha ini. Pemasaran dodol nanas Si-Jank ini dipengaruhi oleh faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) serta adanya strategi yang tepat pada pemasaran dodol nanas Si-Jank. Oleh karena itu, perlu diteliti peningkatan daya saing dodol nanas Si-Jank melalui strategi pemasaran produk dodol nanas Si-Jank. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal dalam meningkatkan daya saing dodol nanas Si-Jank, analisis SWOT serta analisis QSPM. Berdasarkan analisis yang diperoleh, maka : Strategi dalam meningkatkan daya saing dodol nanas Si-Jank pada pemasaran produk di Desa Sijang Kecamatan Galing Kabupaten Sambas, yaitu : 1. membuat desain kemasan yang menarik daya beli konsumen; 2. melengkapi perizinan produksi dodol nanas; dan 3. memilih media promosi yang sesuai. Kata Kunci : analisis SWOT, dodol nanas, daya saing, strategi pemasaran, QSPM
 
		
		 
	
	
				
			
	
			
		Referensi
		
		
							David, F.R. (2012). Manajemen Strategis Konsep (Edisi 12). Jakarta : Salemba Empat.
							Fandy, Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta.
							Hamid, Satim. (2017). Analisis Program Pemasaran Produk UMKM Dodol Garut. Bekasi : STIE Pertiwi Bekasi.
							Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
							Setiavani, Gusti, dkk. (2018). Teknologi Pengolahan dan Peningkatan Nilai Gizi Dodol. Bogor : Departemen Ilmu Pangan dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.
					 
		
		 
	
							
		
		DOI: 
https://doi.org/10.31869/me.v7i2.2776	
Article Metrics
Sari view : 562 times
                        PDF - 751 times
        
																			
Refbacks
				- Saat ini tidak ada refbacks.
		##submission.copyrightStatement##
		
1.png)









Supported by Association 
_(4).png) 
    
 
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : fekonumsb@gmail.com
  
 
  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.