PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BALAI MONITOR SPEKTRUM FREKUENSI RADIO KELAS II PADANG

Usmiar Usmiar, Rian Utomo

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Padang. Sampel penelitian ini berjumlah 35 responden dengan menggunakan metode total sampling. Penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dengan uji T dan uji F.
Hasil pembahasannya ternyata motivasi (X1), disiplin kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, nilai Fhitung 3,195 > Ftabel 2,51. Dan hasil yang kedua motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan thitung 2,068 > ttabel 2,037, disiplin kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan thitung 1,040 < ttabel 2,037. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,408 atau 40,8 % yang menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, sedangkan sisanya sebesar 59,2 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Kata kunci : Balai Monitor, Total Sampling dan Analisis Regresi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardansyah dan Wasilawati, (2014). Pengawasan, Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah, Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung.

Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Arizona, Dika, Riniwati, Harsuko dan Harahap,Nuddin, (2013). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisational terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Dinas Kelutan dan Perikanan Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya.

Fathoni, Abdurrahmat, (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet.1. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ghozali, Imam, (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gomes, Faustino Cardoso, (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Gouzali, Saydam, (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia, Suatu Pendekatan Mikro. Jakarta: STIE YKPN.

Hakim, Abdul, (2006). Analisis Pengaruh Motivasi, Komitmen Organisasi dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan dan Telemunikasi Provinsi Jawa Tengah. JRBI.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v6i3.2243

Article Metrics

Sari view : 145 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini