PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN LION AIR DI KOTA BANDUNG DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Rozy Fauzana, Putu Nina Madiawati

Sari


Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan, Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Konsumen Lion Air di Kota Bandung dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kausal. Sampel diambil dengan metode non probability sampling jenis purposive sampling dengan jumlah responden 100 orang. Teknik analisis data yang dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan path analysis. Hasil penelitian dari analisis deskriptif menunjukkan variabel Kualitas Layanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen berada pada kategori cukup baik. Hasil perhitungan analisis jalur menunjukkan bahwa variabel Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen Lion Air di Kota Bandung melalui variabel Kepuasan Konsumen.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Majid, Suharto,(2018). Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi. Depok: Rajawali Pers.

Dewi Kusuma, Hilda. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan &Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Intervening Variable (Studi Kasus Pada BPRS Suriyah Semarang. Skripsi pada Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Finnora, Elza & Razak, Ismail. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwpayana. Vol 5. No. 2.

Iidh Arima, Sesria & dkk (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Lion Air di Kota Padang. Jurnal RAP UNP, Vol 9. No 1.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Kotler,P.,& Keller, L. K (2016). Marketing Manajemen. USA: Pearson Education Limited.

Rai Utama, I Gusti Bagus. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta. CV. Andi Offset.

Safitri, Erwina & dkk. (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Service Center (Studi pada Pelanggan Samsung Service Center di Kota Malang). Jurnal Ekonomi Bisnis. No.1.

Sarwono, Jonathan. (2012). Analisis Jalur untuk Riset Bisnis SPSS. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sarwono, Jonathan. (2012). Path Analysis. Jakarta. PT. Elex Media.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: ALFABETA.

Sulibhavi, Basavaraj & Shivashankar. (2017). The Impact Of Brand Image On Customer’S Loayalty Towards Private Label Brands : The Mediating Effect Of Satisfaction. Hubli- Dharwad Conglomerate City Of Karnataka. International Journal of Marketing & Financial Management. Vol 5, Issue 8.

Sulselsatu. (2018). https://www.sulselsatu.com. Buruknya Pelayanan Lion Air dari Delay Hingga Mati Mesin Menyiksa Penumpang. (diakses 19 Oktober 2019).

Suratno & dkk. (2016). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada PT Pelabuhan Indonesia III Semarang. Journal of Management, Vol 2 No.2.

Tirto.id, (2019). https://tirto.id. BenarkahLion Air merugi. (diakses 29 Oktober 2019)

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius.( 2017). Pemasaan Strategik . Yogyakarta: ANDI

Windasuri,Heria & dkk. (2016). The Secrets of Building Organization. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v6i3.1860

Article Metrics

Sari view : 605 times
PDF - 832 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.