STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI MAKANAN KHAS DAERAH DI KOTA PADANG DENGAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN BERBASIS TEKNOLOGI

Ash Shadiq Egim, Nenengsih

Sari


Abstrak: UMKM merupakan potensi bisnis yang sangat digalakkan oleh pemerintah, karena semakin banyak masyarakat berwirausaha maka semakin baik dan kokohnya perekonomian suatu daerah karena sumber daya lokal, pekerja lokal, dan pembiayaan lokal dapat terserap dan bermanfaat secara optimal. Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM di Kota Padang, dalam meningkatkan kinerja UMKM banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangannya, seperti akses permodalan,pengemasan produk, pemasaran dan kemampuan berwirausaha. Salah satu UMKM di Kota Padang yang sangat berpotensi untuk dikembangkan yaitu Industri Makanan Khas Daerah. Kegiatan pengembangan UMKM ditujukan sebagai salah satu pilar ekonomi kerakyatan yang dapat menjadi penggerak utama perekonomian daerah.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ditentukan dengan cara purposive yaitu tempat industry makanan yang masuk kategori potensial di Kota Padang. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Industri makanan. Informan yang dipilih masing-masing daerah sebanyak 14 orang, rinciannya adalah 6 informan kunci dan 8 informan tambahan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan Matriks SWOT. Berkaitan dengan berbagai masalah yang dihadapi oleh UMKM, ada beberapa strategi untuk mengatasinya. Dari hasil penelitian ini dengan menggunakan Matriks SWOT maka dapat rancang model dalam strategi pengembangan industri makanan khas daerah di Kota Padang yaitu perlu adanya inovasi dalam pengemasan dan pemasaran yang berbasi teknologi, selain itu dukungan penuh dari stakeholders sehingga akan meningkatkan kualitas kemasan dan kegiatan pemasaran yang efektif dan efisien. Dengan demikian akan terjadi peningkatan penjualan dan daya saing, kemudian terjadi peningkatan pangsa pasar yang dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan industri makanan tersebut. Peningkatan pendapatan akan membuat industri tersebut semakin berkembang.
Kata kunci : Strategi Pengembangan, UMKM, Pengemasan, Pemasaran, SWOT

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Permadi. 2015. Strategi Pengembangan Industri Kecil Carica. JEJAK Journal of Economics and Policy 8 (1) (2015): 38-44

Anggraeni, Pratiwi. Dkk. 2017. Analisis SWOT Pada Umkm Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 43 No.1

Badan Pusat Statistik Padang. 2017. Padang Dalam Angka 2017. BPS Padang.

Crestofel Lant, Donald & Mochamad Sandy. 2016. Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model.Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 2016,77-93

David, Fred R,2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12. Salemba Empat: Jakarta.

Edy Suandi Hamid & Y. Sri Susilo . 2011. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 12, Nomor 1, Juni 2011, hlm.45-55

Fitria Waluyo. 2018. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah(Studi Kasus: Perkampungan Industri Karang Anyar Pesawaran). Skripsi.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Lampung.

Gunartin. 2017.Penguatan UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa.Dosen Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pamulang, EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis Vol.1 No. V Desember 2017 ISSN: 2505-5406.

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Helmalia dan Afrinawati. 2018. Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang.JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam).Universitas Islam Negeri Imam Bonjol - Volume 3, Nomor 2, Juli – Desember 2018

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 14 Jakarta: Erlangga

Kristiningsih, Trimarjono Adrianto. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Menengah Di Kota Surabaya.

Kurniawan, Miftakhurrizal & Novi Haryati. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri.Volume 6 No 2: 97-102.

Lalu Edy Herman, Rahmawati.2016. e-MARKETING : Strategi Pemasaran Ukm Berbasis Teknologi Informasi Untuk Menembus Pasar Global.Seminar Nasional IENACO – 2016 ISSN: 2337 – 4349

LB. Ruth Florida W. M. Hutabarat. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif.JESP-Vol. 7, No 1. ISSN 2086-1575

Melania Winarta. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Makanan Pada Usaha Depot Dapur Jawa. Jurnal AGORA Vol. 3, No. 1,Hal 463-469.

M. Jauhar Musthofa. 2014. Strategi Pengembangan Industri Olahan Makanan Rumput Laut (Studi Kasus: Industri Rumah Tangga Narasa di Palu Utara)Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Volume 3 Nomor 1, Januari 2014 hlm 42-52

Mutmainah, Isbandriyati. 2015. Efektifitas Pemberdayaan Usaha Mikro. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 16(1): 85-101.

Moleong, Lexy.2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosda Karya

Rahmawati, Edy. 2016. E-Marketing : Strategi Pemasaran Ukm Berbasis Teknologi Informasi Untuk Menembus Pasar Global, Seminar Nasional IENACO – 2016 ISSN: 2337 – 4349 . Management Department, Faculty of Economics & Business, University Of Mataram.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Riaswati A. W 2004, Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Gepuk dan Ikan Balita Khas Bogor Merek Kuruhun pada PT Intrafood Citarasa Nusantara Bogor Jawa Barat, skripsi Jurusan Ilmu-ilmu social Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Boogor, Bogor.

Rinandiyanaa, Lucky Radi. Dkk. 2016. Strategi Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Pengembangan, Desain, Dan Kualitas Produk (Kasus Pada Industri Pakaian Muslim Di Kota Tasikmalaya). Jurnal Ekonomi Manajemen Volume 2 Nomor 2. Hal. 105-113. ISSN 2477-2275

Sari, Dian Purnama. 2013. Telisik Perlakuan Teori Entitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. 4(2): 188- 197.

Simamora, Bilson. 2009. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D .bandung: Alfabeta.

Tambunan, Tulus, T.H. 2009. Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia. PT salemba empat. Jakarta

Tambunan Tulus, 2012, Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia: Isu-isu penting, LP3ES.

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor.20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Yasri, Bustari Muchtar. 2014. Strategi Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap perkembangan Usaha Umkm Makanan Ringan Di Kota Payakumbuh Sumatera Barat.Seminar Nasional Riset Inovatif II, Tahun 2014 Issn : 2339-1553




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v5i3.1660

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini