Penerimaan Orang Tua terhadap Anak Berketuhan Khusus di Ibrahim Kids SNLC Tangerang Selatan

Istiqomah Istiqomah, Thaheransyah Thaheransyah, Jasman Jasman

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang di temui di Ibrahim Kids Tangerang Selatan. Kondisi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK), namun harus berhadapan dengan lingkungan masyarakat yang mayoritas mempunyai anak terlahir normal sehingga berdampak kepada penerimaan diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK). Tujuan penelitian ini untuk memahami bentuk penerimaan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dari bentuk ke-ikhlasan, kesabaran, dan usaha untuk melakukan terapi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu orang tua dari anak berkebutuhan khusus (ABK) di Ibrahim Kids Tangerang Selatan yang berjumlah 63 orang. Cara pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Taknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verivikasi atau gambaran kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dilihat dari bentuk keikhlasan, bahwa a) orang tua anak berkebutuhan khusus melakukan penerimaan diri dari bentuk keihklasan, dengan cara menerima semua takdir dan ketentuan yang sudah tuhan berikan. b) Adapun dari bentuk kesabaran, orang tua anak berkebutuhan khusus tidak pernah menyerah dengan kondisi anak dan selalu sabar menghadapi kondisi anak dengan memberikan waktu yang berkualitas kepada anak. c) Dari bentuk perhatian orang tua selalu mengusahakan bermain dan memperhatikan perkembangan anak, seperti membacakan dongeng mengajarkan anak bersosialisasi di lingkungan sekitar. d)  dari bentuk terapi orang tua anak berkebutuhan khusus (ABK) mengusahakan mencari terapis yang baik dan professional untuk menunjang perkebangan anaknya, sehingga orang tua mendapatkan arahan dan menerapkan home program yang terapis sarankan untuk diterapkan di rumah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019a). Keterampilan sosial anak usia dini: Teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019b). Keterampilan SOSial Anak Usia Dini: Teori dan Metode Pengembangan. Edu Publisher.

Ambardini, O. R. L., & Fik, S. P. (2020). Aktivitas Fisik Pada Lanjut Usia.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Astriani, N. M. D. Y., Dewi, P. I. S., Heri, M., & Widiari, N. K. E. (2019). Terapi AIUEO terhadap Kemampuan Berbicara (Afasia Motorik) pada Pasien Stroke. Journal of Telenursing (JOTING), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31539/joting.v1i2.924

Eminita, V., & Astriyani, A. (2018). Persepsi Orang Tua Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.1-16

Ernadewita, E., Rosdialena, R., & Deswita, Y. (2019). Sabar sebagai Terapi Kesehatan Mental. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31869/jkpu.v2i1.1914

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42.

Fanggidae, E., Pratama, F. H., Wardhani, R. R. W. A., & Rachman, T. (2021). Strategi Keluarga dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila untuk Membentuk Kepribadian Anak Melalui Keteladanan: JURNAL EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), Article 1.

Ghufroni, A. S. A., Primarti, R. S., Chemiawan, E., & Febriani, M. (2021). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Ibu Mengenai Pemeliharaan Kesehatan Rongga Mulut Anak Sindroma Down Di Depok. Jurnal Ilmiah dan Teknologi Kedokteran Gigi, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.32509/jitekgi.v17i2.1392

Gumilang, R. M., & Irnawati, I. (2022). Dimensi Budaya Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Abk). PUSAKA, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.31969/pusaka.v10i1.668

Halidu, S. (2022). Pendidikan Anak berkebutuhan Khusus. Penerbit P4I.

Hasanudin, M. (2021). Virtual Reality Trafi Sensor Integrasi untuk Anak Autis. Muhaimin Hasanudin.

Hurlock, E. B. (2008). Psikologi Perkembangan: Suatu Pengantar Rentang Kehidupan (5th ed.). Erlangga.

Ishaq, A. (2015). Tafsir Ibnu Katsir 1 (Pustaka Imam Asy-Syafi’i).

Jasman, J., Noveliza, F., & Thaheransyah, T. (2024). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Empati Anak di Kenagarian Salimpek. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 7113–7123.

Lismijar, L. (2019). Pembinaan Sikap Ikhlas Menurut Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(02), Article 02. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4447

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Kencana.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), Article 5. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826

Maiseptian, F., Dewita, E., & Thaheransyah, T. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Prasekolah di PAUD Al-Muttaqin. Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 24(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/tajdid.v24i1.2276

Ma’rifah, A., Suryantini, N. P. S., & Mardiyana, R. (2018). Strategi Koping Orang Tua Terhadap Anak Autis Dan Pola Asuh Orang Tua. Journal of Health Sciences, 11(2), 196–204. https://doi.org/10.33086/jhs.v11i2.113

Marsella. (2020). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Senam Irama Di Paud Anugrah Asiyiyah Kota Bengkulu [Other, Iain Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4345/

Minsih, M., Nandang, J. S., & Kurniawan, W. (2021). Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.876

Muniroh, S. M. (2010). Dinamika Resiliensi Orang Tua Anak Autis. Jurnal Penelitian, 7.

Nagara, A. D., Widianti, E., Hidayati, N., & Kurniawan, K. (2021). Emosional Freedom Tehnique untuk Kesehatan Mental. Journal Medika Cendikia, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.33482/medika.v8i1.153

Neherta, M., & Mulyasari, I. (2020). Optimalkan Peran Dan Fungsi Keluarga: (Anak Dengan Keterlambatan Bicara). Penerbit Adab.

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40.

Noviandari, H., & Huda, T. F. (2018). Peran Sekolah Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdlb Pgri Bangorejo Banyuwangi. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 5(1), Article 1.

Nura, A., & Sari, K. (2018). Kebersyukuran Pada Ibu Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ecopsy, 5(2), 73. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i2.5041

Octaviani, F., & Nurwati, N. (2021). Analisis Faktor Dan Dampak Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Humanitas, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/humanitas.v3iII.4118

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rezki, A., Anggraeni, R. D., & Yunus, N. R. (2019). Application of Civil Law Theory In the Termination of Custody of Adopted Children in Indonesia. Journal Of Legal Research, 1(6), Article 6. https://doi.org/10.15408/jlr.v1i6.15301

Rosdialena, R., Fitria, A., Thaheransyah, T., & Jasman, J. (2022). Tingkat Kontrol Diri Siswa dalam Pencegahan Pornografi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8463

Rozana, S., Septi Anjas Wulan, D., & Hayati, R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Teori dan Praktik). EDU PUBLISHER.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Saputro, H., & Fazrin, I. (2017). Anak Sakit Wajib Bermain di Rumah Sakit: Penerapan Terapi Bermain Anak Sakit; Proses, Manfaat dan Pelaksanaannya. Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).

Sentana, M. A., & Kumala, I. D. (2017). Agresivitas Dan Kontrol Diri Pada Remaja Di Banda Aceh.

Sesa, L. P., & Yarni, L. (2022). Penerimaan Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di Jorong Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5118

Setiardi, D., & Mubarok, H. (2017). Keluarga sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/viewFile/619/913

Setiawan, I. (2020). A to Z Anak Berkebutuhan Khusus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Siregar, L. Y. (2021). Motivasi Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24952/bki.v3i1.3448

Siwi, K. (2022). Penatalaksanaan Program Terapi Fisik Dada Pada Kasus Pneumotoraks Yang Disebabkan Oleh Tuberkulosis Paru. Jurnal Ilmiah Fisioterapi Muhammadiyah, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30651/jar.v1i1.12626

Subini, N. (2013). Panduan Mendidik Anak dengan Kecerdasan di Bawah Rata-Rata. Javalitera.

Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Psychology Humanlight, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.51667/jph.v1i1.302

Thaheransyah, T., Rosdialena, R., & Diin, I. (2023). Peran Pembina Asrama Terhadap Stress Academic Santri Di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(2), 111–119.

Wijayanti, R., Lestari, P. B., & Rochsun, R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Psikologi Pendidikan Dengan Mind Mapping Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika Diukur Dengan Korelasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2290

Wiranata, I. G. L. A. (2020). Penerapan Positive Parenting Dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Kepada Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.25078/pw.v5i1.1362

Yulianda, A. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara Pada Anak Balita. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.1137

Zulkarnain, I. (2020). Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tutur: Tinjauan Psikologi Komunikasi. Puspantara.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v3i2.6075

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0