Integrasi Nilai-Nilai Humaniora dalam Pendidikan Berbasis Karakter di Madrasah Ibtidaiyah
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi nilai-nilai humaniora dalam pendidikan berbasis karakter di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Pendidikan berbasis karakter di MI tidak hanya mengajarkan pengetahuan akademik, tetapi juga berfokus pada pembentukan akhlak dan sikap siswa. Dalam konteks ini, nilai-nilai humaniora seperti etika, seni, sastra, dan sejarah dapat memainkan peran penting dalam memperkuat pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan untuk menggali teori-teori dan model-model integrasi humaniora dalam kurikulum MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai humaniora dalam pendidikan karakter di MI dapat meningkatkan kesadaran moral, toleransi, serta penghargaan terhadap budaya dan keberagaman. Selain itu, penerapan nilai-nilai tersebut juga membantu membentuk karakter siswa yang berlandaskan pada prinsip-prinsip kemanusiaan yang universal. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan kurikulum pendidikan yang lebih holistik dan berfokus pada pembentukan karakter yang seimbang.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 87–94. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.11037
Aldi Cahya, & Tarunasena. (2024). Peranan Pembelajaran Sejarah Sebagai Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka. Visi Sosial Humaniora, 5(1), 194–205. https://doi.org/10.51622/vsh.v5i1.2332
Amalia, N. F., & Zuhro, D. H. (2022). Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Jurnal Basicedu, 6(2), 2370–2379. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2450
Ana Dwi Wahyuni, Benedictus Sudiyana, & Atri Waldi. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER: STRATEGI MENGHADAPI GLOBALISASI (U. Khasanah, Ed.; 1st ed.). PENERBIT TAHTA MEDIA GROUP.
Anas Anas, Akhmad Zaenul Ibad, Nova Khairul Anam, & Fitri Hariwahyuni. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research, 1(1), 99–116. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i1.1043
Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939
Doni Putra. (2020). Belajar Tadabbur Ilmu Karakter Pada Lebah, Burung Gagak dan Singa (Kajian Tafsir Ayat-Ayat Fauna) (Nurhadi, Ed.; 1st ed.). Guepedia.
Fara Diba Catur Putri, & Nina Nurhasanah. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3).
Iin Purnamasari, Rahmawati, Dwi Noviani, & Hilmin. (2023). Pendidikan Islam Transformatif. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 13–22.
Imam Musbikin. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Nusa Media.
Januri, J., & Lita, N. (2023). HAKEKAT KEADILAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT HUKUM. Audi Et AP : Jurnal Penelitian Hukum, 2(02), 128–134. https://doi.org/10.24967/jaeap.v2i02.2324
Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287
Mas’Ud, L., & Mulyaningsih, R. R. S. S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 5(2), 275–288. https://doi.org/10.31539/kaganga.v5i2.4305
M.Nugroho Adi Saputro. (2019). KONSEP PLURALISME MENURUT K. H. ABDURRAHMAN WAHID DALAM PENGEMBANGAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN URGENSINYA DI INDONESI [Tesis]. Universitas Islam Indonesia.
Muawwanah, S., & Darmiyanti, A. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Islam di Madrasah Ibtidaiyah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 909–916. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2007
Muhamad Arif, & Eka Fitriyanti Handayani. (2020). Budaya Literasi Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 198–220.
Nartin, Fathurrahman, Asep Deni, Yuniawan Heru Santoso, Paharuddin, I Wayan Gede Suacana, Etin Indrayani, Firman Yasa Utama, Wico J Tarigan, & Eliyah. (2024). Metode Penelitian Kualitatif (P. T. Cahyono, Ed.). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA DI SEKOLAH. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 1. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803
NURJANNAH, N., & ACI, N. O. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11(1), 1. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i1.144
Nurmaning, B. A. (2022). PELESTARIAN NILAI KEARIFAN LOKAL MELALUI KESENIAN REOG KENDANG DI TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 635. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54051
Putri Suryaningsih, Yusrotin Meila Rizqina, & Dany Miftah M. Nur. (2024). NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI BULUSAN DI DESA HADIPOLO SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS. ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(4), 226–233.
Regin Marina Sifa, Ayu Aini Riski Harahap, Miftahul Khairat, Andina Halimsyah Rambe, Fika Widya Putri, Fauziah Azuardini Ginting, & Eka Agus Setiani. (2022). Implementasi Budaya dan Pendidikan Karakter dalam Membentuk Karakter Islami di SD Nurfadilah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13081–13089.
Rifka Agustianti. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (1st ed.). CV. Tohar Media.
Riga Zahara Nurani, & Fajar Nugraha. (2022). ANALISIS KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 217–228.
Romadhon, K., Hidayat, N., Malahati, F., Rizki, A., & Fitriyati, I. (2023). Menggali Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 103. https://doi.org/10.21927/literasi.2023.14(2).103-112
Sahira, S., Rejeki, R., Jannah, M., Gustari, R., Nasution, Y. A., Windari, S., & Reski, S. M. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 54–62. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.173
Setiawatri, N., & Kosasih, A. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA MASYARAKAT PLURALISME DI CIGUGUR KUNINGAN. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.22986
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.1.1-6
Sri Ana Handayani. (2020). HUMANIORA DAN ERA DISRUPSI TEKNOLOGI DALAM KONTEKS HISTORIS. UNEJ E-Proceeding, 19–30.
Warliza. (2024). Seni Baca Al-Qur’an di Majelis Tilawah Al-Qur’an Ummul Qurra Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar (Studi Resepsi Estetis) [Skripsi]. UIN Antasari Banjarmasin.
Widya Safitri Aryanti, A. F. Z. (2020). MENJAGA KEBERSIHAN SEKOLAH DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN BAGI MURID MI/SD DI INDONESIA. JURNAL ILMIAH EDUKATIF, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.37567/jie.v6i1.110
Yanto, M. (2020). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 176. https://doi.org/10.29210/146300
Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v3i2.6071
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed By :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com
Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0