Analisis Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di SD IV Muhammadiyah Kota Padang

Ridania Ekawati, Dini Susanti

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan kurikulum merdeka belajar bagi sekolah. Kurikulum tersebut akan diimplementasikan untuk seluruh sekolah di Indonesia termasuk sekolah dasar, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang kesiapan guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum merdeka Di SD IV Muhammadiyah Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Persiapan Guru dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Kurikulum merdeka di Sekolah tersebut. Sistem kurikulum merdeka adalah sebuah kebijakan baru yang tentu saja pasti memiliki hambatan dan kendala untuk menerapkannya. Terutama bagi guru yang sebagai bagian integral dalam Pendidikan dan komponen penting dalam pembelajaran pasti memiliki sederet permasalahan yang sepatutnya harus dituntaskan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah Guru SD IV Muhammadiyah Kota Padang . Penelitian ini menggunakan analisa data deskriptif kualitatif model interaktif Milles dan Michael Huberman. Faktor yang menjadi pengahambat bagi guru dalam melaksanakan kurikulum merdeka sebagai berikut: Mutu sumber daya manusia gurunya yang belum memadai, Fasilitas dan sumber belajar yang minim atau sarana prasarana yang belum memadai serta guru yang masih gagap dalam teknologi, Sudah nyaman dengan kurikulum lama dan belum ada pengalaman dalam pembelajaran menggunakna kurikulum merdeka.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ansumanti.2022. Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran

Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten

Selum.Jurnal Pendidikan Tematik. Vol. 3, No. 3 hal 1-6

Chumi Zahroul Fitriyah. 2022. Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah

Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 12 No. 3,

September 2022: 236-243

Dessy, Aprima. 2022. Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam

Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD.

Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1) (2022) pp. 95-101

Gopal, R., Singh, V., & Aggarwal, A. (2021). Impact of online classes on the

satisfaction and performance of students during the pandemic period of

COVID 19. Education and Information Technologies, 26(6), 6923–6947.

https://doi.org/10.1007/s10639-021-10523-1

Mustaghfiroh, S. 2020. Konsep Merdeka Belajar Perspektif Aliran Progresivisme

John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran. Vol. 3. No. 1

Rosidah, C. T., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru

Mengimplementasikan Asesmen. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 12 No(1),

–103.

Ramadania, F dan Dana Aswadi. 2020. Blended Learning Dalam Merdeka Belajar

Teks Eksposisi. Jurnal bahasa, sastra dan pengajarannyo. Vol. 5. No. 1




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v1i1.3936

Article Metrics

Sari view : 845 times
PDF - 1209 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0