STRATEGI SWOT PEMERINTAH KOTA BUKITTINNGGI TERHADAP PARIWISATA SELAMA PANDEMI COVID 19

Riko Riyanda, Robi Hidayat

Sari


Kota Bukittinggi merupakan salah satu pariwisata unggulan di Provinsi Sumatera Barat. Sejak wabah COVID-19 masuk ke Kota Bukittinggi, sektor pariwisata memberikan dampak yang signifikan pengaruhnya terhadap berbagi sektor. Dampak tersebut menyebabkan sektor pariwisata di Bukittinggi mengalami penurunan PAD, penurunan tersebut pada gilirannya berakibat penutupan sementara lokasi objek wisata, yang pada akhirnya berdampak pada pendapatan ekonomi pekerja di sektor pariwisata. Seperti, bisnis hotel, restoran, perjalanan wisata tidak bisa menjalankan bisnisnya seperti biasa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling, teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Situasi seperti ini membuat Kota bukttinggi melakukan sosialisasi pencegahan COVID 19. Kebijakan dalam pencegahan COVID-19 juga menemui kendala diantaranya masalah ketidakdisiplinan warga dalam menjalankan peraturan pemerintah. Minimnya kesadaran dan kepedulian warga akan bahaya wabah COVID 19 dikhawatirkan akan mempercepat proses penyebaran. Maka untuk mengatasi wabah ini, Pemerintah Kota Bukittinggi telah memberikan bantuan langsung kepada masyarakat. Teori yang digunakan adalah Analisis SWOT untuk menjawab strategi Pemerintah Kota Bukittinggi dalam menghadapi tantangan, peluang, kekuatan, kelemahan dan ancaman pariwisata di Kota Bukittinggi selama wabah COVID-19.
Kata kunci: Pariwisata, Analisis SWOT, COVID-19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggel Purwanti. (2016). Penataan Objek Wisata Sebagai Strategi Komuniaksi Dinas Pasriwisata Dan Kebudayaan Dalam Kegiatan Visist Batam 2010. Ilmu Komunikasi, Univeristas Trunojaya, X, 403.

Fredi Rangkuti. (2000). Analisis SWOT, Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Nur Hidayah, dkk. (2014). Strategi Pemberdayaan Perempuan Di Panggak Darat Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga. JUAN, 2(2), 3.

Oliver, S. (2007). Strategi Publik Relations. Jakarta: Erlangga.

Riant Nugroho. (2003). Kebijakan Publik Formulasi, Ilplementasi dan Evaluasi. Jakarta: PT Efek Media Kompotindo.

Sjafrizal. (2015). Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Era Otonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tangkilisan, H. N. (2009). Kebijakan Publik Yang Membumi. Yogyakarta: Lukman Offset dan Yayasan Pembaharuan Administrasi Publik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah

https://www.alodokter.com/virus-corona, diakses tanggal 7 Mei 2020.




DOI: https://doi.org/10.31869/jsp.v1i1.3355

Article Metrics

Sari view : 503 times
PDF - 373 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.