PEMERIKSAAN KESEHATAN PADA WANITA USIA SUBUR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS HIDUP

Fitria Prabandari, Sumarni Sumarni, Dyah Puji Astuti

Sari


Beberapa tahun ini kesehatan perempuan kurang diperhatikan dibandingkan dengan pelayanan kesehatan ibu hamil dan persalinan. Padahal setiap perempuan memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan selama hidupnya. Pelayanan kesehatan perempuan seharusnya dapat membantu seorang perempuan di setiap aspek kehidupan, kesehatan perempuan tidak hanya dipengaruhi oleh tubuhnya sendiri tetapi juga dipengaruhi oleh social, budaya, dan kondisi ekonomi selama hidupnya. Program kegiatan Posbindu yang seharusnya menjadi wadah perempuan dalam memeriksakan kesehatannya secara rutin ternyata masih kurang dalam pencapaian target. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan layanan pemeriksaan secara rutin pada wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Larangan yang dilaksanakan pada 25 Februari 2023, diantaranya sebanyak 65 responden mengikuti kegiatan ini. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, tekanan darah, lingkar perut, dan pemeriksaan darah sesuai dengan keluhan yang dialami, selanjutnya dilakukan konseling berdasarkan hasil pemeriksaan responden. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini yaitu meningkatkan kesadaran wanita usia subur untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan meningkatkan pula kualitas hidupnya.

 

Kata kunci: Wanita usia subur, pemeriksaan kesehatan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depkes RI. (2018). KB dan Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Depkes RI.

Duha, S. dkk. (2021). Analisis Faktor yang mempengaruhi Minat Berkunjung Masyarakat Ke POSBINDU PTM Di UPTD Puskemas Lahusa Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Kesmas Prima Indonesia Vo.3 No.2 (2021)

Hidayati, E. (2017). Buku Ajar Kesehatan Perempuan dan Perencanaan Keluarga. Jakarta: FK UMJ.

Imelda, F. Santosa, H. (2022). Strategi Cegah Kanker Serviks dengan Aplikasi GBKS (Grup Bebas Kanker Serviks). Bandung: CV. Media Sains Indonesia

Indriani, Riri A., et al. "Pengaruh Karakteristik Organisasi Terhadap Pemanfaatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu Ptm) Di Wilayah Puskesmas Helvetia Medan." Berita Kedokteran Masyarakat, 30 Jul. 2018, pp. 2-15, doi:10.22146/bkm.35600.

Mawaddah, Y. dkk. (2020). Faktor yang Memengaruhi Kunjungan Masyarakat dalam Pemanfaatan POSBINDU PTM Di Wilayah Kerja Puskesmas Singkil Utara Tahun 2019. Jurnal Skala Kesehatan Vol.11 No.1 (28-37) May 2020.

Prijatni, I. Rahayu, S. (2016). Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana. Jakarta: Kemenkes RI.

Sibagariang, E. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan POSBINDU PTM Di Wilayah Kerja Puskesmas Glugur Darat Tahun 2018. Jurnal Mutiara Kesehatan Lingkungan Hidup Vol. 3 No.2 (2018).

Sihite, H. Siregar, N. (2022). Kesehatan Perempuan dan Perencanaan Keluarga. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.




DOI: https://doi.org/10.31869/jsam.v3i1.4467

Article Metrics

Sari view : 116 times
PDF - 183 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :