PEMBINAAN KELUARGA DALAM MENANGANI HIPERTENSI PADA LANSIA HIPERTENSI DENGAN TOTOK PUNGGUNG DI RUMAH SEHAT BUNAYYA

Rika Sri Wahyuni, Andriani Andriani, Linda Suryani, Eva Santi Hutasoit, Yessi Azwar, Siska Mulyani

Sari


Hipertensi merupakan salah satu penyakit utama di dunia , mengenai hampir 50 juta orang di Amerika Serikat dan hampir I miliar orang di seluruh dunia. Prevalensi hipertensi di Indonesia menurut data Riskesdes 2013  sebesar 25,8%. Prevalensi pada lansia menunjukkan cukup tinggi yait 45,9% pada kelompok usia 55-64 tahun, 57,6% pada kelompok usia 65-74 tahun dan 63,8% pada kelompok usia lebih dari 75 tahun. Penanganan Hipertensi dapat dilakukan dengan 2 car, yaitu sevara farmakologis dan non farmakologis. Secara non farmakologis salah satunya dapat dilakukan dengan totok punggung. Tujuan Pengabdian ini dilakukan adalah untuk mengajarkan keluarga penderita hipertensi untuk dapat melakukan totok punggung pada pasien hipertensi agar dapat menangani hipertensi pada pasien sehingga pasien tidak tegantung pada obat2 yang dapat menimbulkan efek samping yang terkadang membuat pasien tidak disiplin untuk meminumnya. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah dan praktik langsung pada pasien, menyarankan keluarga untuk rutin setiap hari melakukan totok punggung dan tim pengabdian melakukan kunjungan rumah 2x seminggu selama 2 minggu. Hasil pengabdian ini diperoleh adanya penurunan tekanan darah pada pasien sebelum tindalan totok punggung dan setelah tindakan serta penurunan tekanan darah pada setiap kali kunjungan baik sebelum tindakan maupun setelah tindakan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, Fredy et al. 2020. “Karakteristik Hipertensi Pada Lanjut Usia Di Desa Buku (Characteristics of Hypertension in the Elderly).” Jwk 5(2): 2548–4702.

Budi S. Pikir, Dkk. 2015. Hipertensi Manajemen Komprehensif. Airlangga University Press.

Maharani et al. 2019. “Pengaruh Terapi Akupresur Totok Punggung Terhadap Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Semarang.” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus 2(Maret): 1–3.

Nurul Hidayah, S.Kep., Ns., M.Kep. 2019. Buku Seri Keperawatan Komplementer Tototk Punggung (Topung) Untuk Penderita Stroke Yang Mengalami Gangguan Mobilitas Fisik. MEDIA SAHABAT CENDEKIA.

Pinzon dan Asant. 2015. AWAS STROKE! Pengertian, Gejala, Tindakan, Perawatan Dan Pencegahan. Penerbit AndiPenerbit Andi.

Saputra, Adi, Sintiya Halisya Pebriani, Tafdhila, and Abdul Syafe’i. 2023. “PENGARUH TERAPI AKUPRESUR TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI.” MANUJU: MALAHAYATI NURSING JOURNAL 5: 80–87.

Suhartini, Rizka Dewi, and Mustayah. 2021. “Terapi Totok Punggung Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Posyandu Abimanyu 3 Dusun Baran Desa Karang Nongko Kec. Ponco Kusumo Kab.Malang.” Hospital Majapahit 13(2): 31–39.




DOI: https://doi.org/10.31869/jsam.v3i1.4368

Article Metrics

Sari view : 239 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :