MENGEDUKASI ORANG TUA SISWA DI SEKOLAH ALAM PALEMBANG TENTANG PENGASUHAN POSITIF

Yunike Yunike, Ira Kusumawaty, Sri Martini

Sari


Pengasuhan positif berimplikasi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak dan jika tidak terlaksana, akan berpeluang suramnya masa depan anak. Kemampuan orang tua dalam berkomunikasi efekti dan, menegakkan aturan secara konsisten menentukan keberhasilan penerapan pola asuh yang positif. Bagaimanapun juga orang tua menjadi kunci keberhasilan penerapan pengasuhan positif disertai keterlibatan guru sebagai orang tua di sekolah. Kegiatan pengabdian bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan orang tua dalam memberikan pengasuhan positif.  Sebanyak 34 orang tua siswa telah dilibatkan dalam kegiatan yang mengiplementasikan metoda ceramah interaktif, diskusi kelompok terarah serta dilengkapi pemanfaatan media audio visual yang berisikan materi pengasuhan positif. Penilaian keberhasilan pelaksanaan edukasi dilakukan dengan membandingkan antara nilai peserta sebelum memperoleh edukasi serta setelah mengikuti edukasi. Penilaian dilakukan dengan memberikan pertanyaan tertutup disertai alternatif jawaban.  Orang tua menjadi penentu keterlaksanaan pengasuhan positif secara optimal disertai dukungan dan kerjasama guru. Diperlukan keseriusan dan konsistensi orang tua dalam menerapkan pola asuh positif melalui komunikasi efektif dan kedisiplinan penegakkan aturan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardini, P. P. (2015). “Penerapan Hukuman”, Bias Antara Upaya Menanamkan Disiplin Dengan Melakukan Kekerasan Terhadap Anak. Pupung Puspa Ardini, Volume 9 E, 251–266.

Candra Novelia A. (2017). Gaya Pengasuhan Orang Tua pada Anak usia Dini Ariyanti. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 1–10.

Dearly, Akhiriyanti, P., Sirega, J. R., Joefiani, P., & Abidin, Z. (2014). Positive parenting pada anak usia 4-6 tahun dalam perspektif orang tua muda di Jakarta Barat , Indonesia. 42–51.

Etikawati, A. I., Siregar, J. R., Widjaja, H., & Jatnika, R. (2019). Mengembangkan Konsep dan Pengukuran Pengasuhan dalam Perspektif Kontekstual Budaya. Buletin Psikologi, 27(1), 1. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.41079

Hasbi, M., & Ganesha, R. E. (2020). Pengasuhan Positif. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–28.

International Labour Office. (2015). Pengasuhan anak berbasis masyarakat : Manual pelatihan.

Juhardin, H. Jamaluddin Hos, dan H. S. R. (2013). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Saffitri, K. E., Khasanah, U. N., Triawan, H., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (n.d.). Pendampingan Orang Tua Melalui Program Parenting Untuk. 41–48.

Sari, D. K., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK YANG BERPERILAKU AGRESIF (Studi Deskriptif Kuantitatif Di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1–6.

Supriyanto, S., Soerjoatmodjo, G. W. L., & Prasetio, T. (2017). Gambaran Pengasuhan Anak pada Keluarga Urban yang Tinggal di Wilayah RPTRA Anggrek Bintaro, Jakarta Selatan. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 30. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.332

Umayah. (2016). Pengasuhan Efektif Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Peran Pengasuhan Anak Raudhatul Atfal Dalam Membangun Karakter Bangsa. http://repository.uinbanten.ac.id/1420/5/05 - Prosiding PGRA - Umayah.pdf

Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985


Article Metrics

Sari view : 141 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.