PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA/SISWI DENGAN PENYULUHAN KESEHATAN MENGENAI MANAJEMEN PEMBUANGAN SAMPAH YANG BAIK

azhar azhar, Candra Mahara, Ego Erlambang

Sari


Sampahmerupakansalahsatupermasalahan yang patutuntukdiperhatikan.Sampahmerupakanbagian yang tidakdapatterpisahkandarikehidupanmanusia, karenapadadasarnyasemuamanusiapastimenghasilkansampah.Sampahmerupakansuatubuangan yang dihasilkandarisetiapaktivitasmanusia.Pemanfaatansampahsampahharusdiprioritaskansebelumterjadinyapencemaranlingkungan yang mengganggukesehatanmasyarakat.Makaperluadanyapengelolaansampah, pengelolaansampahmemerlukankegiatan yang sistematis, menyeluruh, danberkesinambungan yang meliputipengurangandanpenanganansampah.Pengurangansampahmeliputikegiatan 3R yaitu reuse, reduce, dan recycle, sedangkankegiatanpenanganansampahmeliputipemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahandanpemprosesanakhir.

Metode yang digunakandalamkegiataniniyaitudenganpemberianinformasikepadasiwa-siswi SMPN 3 Kota Langsa, mereka di berikanpengetahuanmelalui media video, materidalambentukpresentasidanpermainan game.

Hasiloutcome yang didapatkandiantaranyaadalah :

  1. Denganadanya program pengabdianmasyarakat yang berupapenyuluhanmengenaimanajemenpembuangansampah yang baikinidiharapkandapatmeningkatkanpengetahuansiswa/siswitentangpengertiansampah, karakteristiksampah di sekolah, pengelolaansampah, perencanaanpengelolaansampah yang baikdanbenar di sekolah., selainitudiharapkansemakinmeningkatkankesadaransiswa/siswiakanbahaya yang bisaditimbulkanakibattidakmembuangsampahditempatnya.
  2. Lebihjauh, diharapkankegiatan-kegiatanserupadapatberdampakpadapeningkatankesadaranmasyarakat Indonesia khususnyapadasiswadansiswisebagaigenerasimuda agar ikutaktifmenjagakebersihandankesehatanlingkungan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asdiqoh, S. 2011. Etika Islam TerhadapLingkunganHidup. Salatiga: STAINSalatiga Press.

Chandra, S. 2007. Pengantar KesehatanLingkungan. Jakarta: BukuKedokteran.

Erwin, S,K. 2012. Konsep, Proses, danAplikasiDalam PendidikanKesehatan. Yogyakarta: FakultasIlmuKeolahragaanUNY.

Neolaka, A. 2008. Kesadaran Lingkungan.Jakarta: RinekaCipta.

Proverawati, Atikah&Eni, R. 2012. PerilakuHidup Bersih danSehat (PHBS).Yogyakarta: NuhaMedika.

Ricki, M.M. 2005. Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Slamet. 1994. Kesehatan Lingkungan. ITB Bandung: JurusanTeknikLingkungan.

Wardhana, W. 2004. DampakPencemaranLingkunganEdisiRevisi. Yogyakarta: PenerbitAndi


Article Metrics

Sari view : 41 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.