AN ANALYSIS OF STUDENTS’ LEXICOGRAMMATICAL PROBLEMS IN WRITING A RECOUNT TEXT

Rini Hendrita Rini Hendrita, Lingga Geni Lingga Geni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah lexicogrammatical yang dialami siswa dalam menulis recount text dan penyebab dari masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IXa di MTsN Ganting Padangpanjang yang terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data pada penelitian ini adalah tes menulis dan quesioner. Tes menulis digunakan untuk menganalisa masalah lexicogrammatical siswa dalam menulis recount text sedangkan quesioner digunakan untuk menganalisa faktor penyebab dari masalah siswa dalam menulis recount text. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa ada beberapa masalah lexicogrammatical yang dihadapi oleh siswa dalam menulis recount text, yaitu penggunaan past tense, past action verb, nouns and pronouns, adverb, adjective, dan conjunction. Peneliti juga menemukan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya kosakata, kurangnya pengetahuan tentang komponen recount text, dan kurangnya motivasi. sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa masih mempunyai masalah dalam menulis recount text.

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i1.815

Article Metrics

Sari view : 166 times
PDF - 746 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


  Indexed by:

               

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Aur kuning, Jl. By Pass, Tarok Dipo, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26181


Anda Pengunjung Ke-Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.