KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG

Emilda Emilda

Sari


Menulis sebagai salah satu keterampilan bahasa merupakan proses mentransfer pikiran atau perasaan ke dalam tulisan. Ketrampilan menulis tidak hanya penting dalam belajar tetapi juga penting dalam kehidupan lain. Menulis juga merupakan keterampilan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Jadi, pelajaran menulis tidak boleh diabaikan, harus mendapat perhatian sejak dini. Dalam meningkatkan keterampilan menulis, dibutuhkan latihan. Khusus untuk keterampilan menulis peran penting dalam belajar bahasa Indonesia di sekolah, terutama dalam menulis surat pribadi, begitu juga MTs Muhammadiyah Muhammadiyah Padangpanjang. Sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dalam proses pembelajaran. Menulis adalah salah satu materi yang diajarkan di semester 1 kelas VII. Standar Kompetensi (SK) 4 mengungkapkan pemikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi. Kompetensi Dasar (KD) 4.2 menulis surat pribadi berkaitan dengan komposisi, konten, dan bahasa. Keterampilan menulis pribadi siswa VII belum maksimal. Rendahnya kemampuan menulis surat pribadi siswa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat dilihat dari kurangnya siswa terampil menggunakan ejaan dan memilih kata-kata, sehingga kompilasi kalimat masih mengalami banyak kesalahan. Faktor eksternal muncul dari pemilihan strategi dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Untuk meningkatkan efektivitas dan motivasi siswa, model pembelajaran inkuiri digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif ini dimaksudkan di sini dalam deskripsi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Padangpanjang yang berjumlah 41 siswa. Dalam hal ini, penulis mengambil seluruh populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah tes kinerja. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu: (1) pengolahan data, (2) mencari nilai siswa, (3) menyiapkan pedoman konversi, (4) memproses skor mentah hingga skala seratus, (5) membuat interpretasi dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa menulis surat pribadi menggunakan model pembelajaran inkuiri yang sangat baik. Kesimpulannya adalah tidak ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (Kriteria Minimum Penyelesaian).

 

Kata Kunci: menulis, surat pribadi, model pembelajaran inkuiri


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i1.803

Article Metrics

Sari view : 444 times
PDF - 253 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter