MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FUNGSI KUADRAT
Sari
Tujuan penulisan ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dilaksanakan pada materi fungsi kuadrat. Pembelajaran dilaksanakan dengan penelitian deskriptif kualitatif yang menarasikan semua kondisi pelaksanaan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan model PBL ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari aktifitas pembelajaran yang kolaboratif dan komunikatif. Siswa berani menyampaikan ide dan berani mempresentasikan di depan kelas serta hangatnya diskusi dua arah yang terjadi selama pembelajaran berlangsung.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Cahyanovianty, A., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.651
Dyah Ambarwati, & Meyta Dwi Kurniasih. (2021). Pengaruh Problem Based Learning
Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2857-2868. E-ISSN: 2579-9258, P-ISSN: 2614-3038
Hendriana, Heris, Tri Johanto, & Utari Sumarmo. "The Role of Problem-Based Learning to Improve Students’ Mathematical Problem-Solving Ability and Self Confidence." Journal on Mathematics Education, vol. 9, no. 2, 2018
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor:Ghalia Indonesia
Kartika, Y., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515-2525
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.
Sarniah, Siti, dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives. Vol 3 No. 1 hal: 87-96.
Suci, N. M (2008) “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk meningkatkan Partisipasi Partisipasi belajar dan Hasil Belajar teori Akutansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi UNDIKHA” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Undikha. 2,(1),74-86
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i2.5088
Article Metrics
Sari view : 159 timesPDF - 69 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-