PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMKN 3 PARIAMAN

Prihartini Nofita Eka Pasca Surya Bayu Nailil Fiza

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 3 Pariaman. Rumusan masalahnya adalah “Apakah melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 3 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini Kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 3 Pariaman yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk essay. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 27 siswa yang tuntas (84,38%) dan yang belum tuntas 5 siswa (15,62%), sedangkan pada siklus II yang tuntas menjadi 29 siswa (90,62%) dan yang belum tuntas 3 siswa (9,38%) dengan peningkatan nilai Rata-rata kelas siklus I=70,93 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas=76,72 yang mengalami peningkatan secara signifikan. Hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 3 Pariaman.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ansari Budingsih, 2005. Belajar Dan Pembelajaran, jakarta: Rineka Cipta Arikunto, dkk, 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Dahar ratna wilis,1988, Teori-teori belajar, Jakarta: Depdikbud

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.

Djumanta, Wahyudin dan Susanti, Dwi.2008. Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Indonesia.

Effandi, Zakaria, dkk. 2007. Trend Pengajaran Dan Pembelajaran Matematika. Kuala Lumpur: Utusan Publications dan Distributors SDN BHN.

E. Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Ibrahim,

Muslimin dan Nur. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa.

Mohammad Ashori. 2007 Penelitian Tindakan Kelas, bandung: cv wacana

Prim Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Wina Sanjaya, 2008. Strategi Pembelajaran Beroreantasi StandarProses Pendidikan, Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v10i2.5087

Article Metrics

Sari view : 80 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter