UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPTD SDN 01 ANDALEH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Sari
Permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran IPA kelas V UPTD SDN 01 Andaleh adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan suatu tindakan dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa Kelas V UPTD SDN 01 Andaleh Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan masing-masing siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V UPTD SDN 01 Andaleh tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 orang. Instrumen dalam penelitian yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar IPA. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 57% siswa tuntas hasil belajar IPA pada prasiklus. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 71% karena belum mencapai indikator keberhasilan penelitian maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebesar 88% dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan yaitu 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V UPTD SDN 01 Andaleh tahun pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Kooperatif, Tipe Snowball Throwing.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Kooperatif, Tipe Snowball Throwing.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Aksara
Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Murniati, Yenti. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Simpang Kapuak Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jurnal Theorems Vol. 4 No.2, https://doi.org/10.36665/theorems.v4i2.510
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, Hamzah. B. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i2.3899
Article Metrics
Sari view : 278 timesPDF - 128 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-