PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA SMP

Prima Yudhi Khoirunnisa Berampu

Sari


Penelitian untuk mengetahui bagaimana Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan kemampuan geometri siswa SMP, seperti mampu menentukan kedudukan suatu titik dengan lebih spesifik dan gambaran hubungan spasial dengan sistem yang lain, mampu menggunakan visualisasi, penalaran spasial, dan model geometri untuk memecahkan masalah, serta mampu menganalisis karakter dan sifat dari bentuk geometri baik 2D maupun 3D dan mampu membangun argumen-argumen matematika mengenai hubungan geometri dengan yang lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dimana studi kepustakaan adalah proses kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari buku, jurnal-jurnal ilmiah, literatur-literatur dan publikasi-publikasi lain yang layak dijadikan sumber untuk penelitian yang akan di teliti penulis, dengan cara mendeskripsikan dan menguraikan data tersebut adalah melalui beberapa pendapat para ahli. Maka dengan menggunakan pendekatan kualitatif penelitian ini diharapkan bisa memberikan fakta-fakta secara komprehensif tentang pengaruh penggunaan proses dan peranan pendekatan PMR dalam pembelajaran di sekolah terhadap kemampuan geometri yang dimiliki siswa. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan bagi para pembaca mengenai PMR yang secara kooperatif dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengubah pembelajaran matematika di SMP dari teacher centered menjadi pembelajaran student centered.
Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Geometri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussakir. 2009. Pembelajaran Geometri dan Teori Van Hiele. Jurnal Kependidikan Dan Keagamaan, PGMI Fakultas Tarbiyah UIN Malang, 2(1).

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhassanah, N., & Sujadi, I. 2014. Analisis Keterampilan Geometri Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pembelajaran Matematika, Vol. 2 No.1.

Murdani., dkk. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Penalaran Geometri Spasial Siswa Di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, 1(2). Vol.1, No.2.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (4th ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Tarigan, D. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yudhi, P. 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Mathematics Education (Rme) Pada Materi FPb dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Menara Ilmu, 11(74).




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i2.3897

Article Metrics

Sari view : 239 times
PDF - 194 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter