EKSPLORASI PENGGUNAAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI IV BUKITTINGGI

Yendrita Widya Fajri Desriana

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeklorasi penggunaan kompetensi guru dalam pembelajaran Biologi pada kelas X SMA Negeri IV Bukittinggi. Rumusan masalah penelitian ini adalah   bagaimana penggunaan kompetensi guru dalam pembelajaran Biologi pada Kelas X SMA Negeri IV Bukittinggi tahun ajaran 2012/2013.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasinya adalah siswa kelas X SMA N IV Bukittinggi,yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 349 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Claster random sampling. Data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil analisa data menunjukkan bahwa penggunaan kompetensi pedagogik  berkategori “ baik” (70,94%), penggunaan kompetensi kepribadian berkategori “sangat baik”  (82,81%),  penggunaan kompetensi profesional  dengan kategori “ baik ”  (75,24%), penggunaan kompetensi sosial dengan  kategori  baik  (73,64%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kompetensi guru dalam pembelajaran Biologi pada Kelas X SMA Negeri IV Bukittinggi sudah digunakan secara “baik” (75,79%).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_________.2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_________.2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gultom, Syawal. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Padang: Universitas Negeri Padang

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementase (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikat Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Munandar, Utami.2009 (cetakan ketiga). Pengembangan Kreativitas Berbakat Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Riduwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, Ngalim.2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3279

Article Metrics

Sari view : 209 times
PDF - 252 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter