UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MERANCANG RPP MELALUI PENDAMPINGAN BERKALA DI UPTD SD NEGERI 03 MUNGO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kompetensi guru dalam merancang RPP di UPTD SD Negeri 03 Mungo Kabupaten Lima Puluh Kota. Tindakan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melaksanakan pendampingan berkala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendampingan berkala dapat meningkatkan kompetensi guru dalam merancang RPP di UPTD SD Negeri 03 Mungo semester II tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian ini yaitu 8 orang guru UPTD SD Negeri 03 Mungo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen format telaah RPP. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik persentase dan teknik kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa 75% guru sudah mencapai nilai minimal baik tetapi belum mencapai indikator keberhasilan penelitian, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil siklus II menunjukkan bahwa 100% guru sudah mencapai nilai kompetensi minimal baik, ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan kompetensi guru dalam merancang RPP melalui pendampingan berkala di UPTD SD Negeri 03 Mungo semester II tahun pelajaran 2020/2021.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Permendiknas No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta. Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional. 2016. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3273
Article Metrics
Sari view : 221 timesPDF - 122 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-