PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL DAN KETUNTASAN BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI I BONJOL KABUPATEN PASAMAN
Sari
Proses pembelajaran dapat memberikan hasil belajar yang lebih memuaskan, jika dilakukan dengan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep dari apa yang dipelajarinya. Namun demikian, proses pembelajaran masih ada yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan ekspositori melalui metode ceramah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam rangka meningkatkan pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Bonjol. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Bonjol. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling, yang dipilih menjadi kelas eksperimen adalah X2, sedangkan kelas kontrol adalah X8. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t`. Dari hasil analisis data diperoleh t`hitung = 6,60 t₁ = 1,70 t₂= 1,70. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Bonjol Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2016/2017.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anam, Khoirul.2017. Pembelajaran berbasis Inkuiri,Metode dan Aplikasi.Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang :UNP Press
Latief. M.A 2002. Konstruktivis dalam Pembelajaran Bahasa Ingris, Malang: Fak Sastra.Univ.Negeri Malang
M.Adnan.2002. Belajar dan Pembelajaran Bahasa Inggris.Jakarta.Rineka Cipta
Mariani Natalina, Imam Mahadi, Anisa Carolina Suzane.2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Menignkatkan Siklap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA5 SMA Negeri Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, . Pp: 83- 91
Ni Wayan Juniati, I Wayan Widiana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Menigkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 20-29.
Priansa,Donni.J.2017.Pengembangan Startegi dan Model Pembelajaran (Inovatif,Kreatif dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik.Bandung : CV Pustaka Setia.
Purniadi. 2017. Penerapan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Di SD 01 Kota Bangun, Ojs.Uniska-bjm.ac.id.Vol 3 (1).
Roni Wahyuni, Hikmawati, Muhammad Taufik. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume II No 4, Oktober 2016 : 164-169
Rostiyah.2012.Strategi Belajar mengajar.Jakarta: PT Reneka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sukardi. 2003. Medotologi penelitian Pendidikan. Yogyakarta ; Bumi Aksara
Suryobroto. 2009. Proses Belajar dan Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Wardoyo, S.M .2015. Pembelajaran Konstruktivi me teori dan Aplikasi Pembelajaran
Wahab Jufri, 2013.Belajar dan Pembelajaran Sains, Bandung : Reka Cipta
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3017
Article Metrics
Sari view : 641 timesPDF - 485 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-