UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN COVID 19 MELALUI SUPERVISI KLINIS PADA UPTD SD NEGERI 02 TANJUANG HARO SIKABU-KABU PD. PANJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Salmianis Salmianis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam Pembelajaran Covid 19 melalui Supervisi Klinis Pada UPTD SDN 02 Tanjung Haro Sikabu-Kabu Pd Panjang Semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Maret 2021. Data diolah pada setiap siklus kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah melalui Supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Covid-19 di UPTD SDN 02 Tanjung Haro Sikabu-Kabu Pd Panjang. Hal ini terbukti dari hasil penyusunan perangkat pembelajaran pada prasiklus memperoleh rata-rata sebesar 57,00, meningkat menjadi 80,00 pada siklus I, serta mengalami peningkatan menjadi 90,00 pada siklus ke II. Selanjutnya kegiatan Supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan pedagogik guru dalam menyusun RPP, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan menyusun RPP sesuai masa Pandemi Covid-19 dari 68,00 pada kegiatan prasiklus, meningkat sebesar 77,00 pada siklus I, serta meningkat menjadi 90,00 pada siklus ke II. Kemampuan pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran Covid-19 juga mengalami peningkatan yaitu 57,00 pada prasiklus, meningkat menjadi 82,00 pada kegiatan siklus I, serta menjadi 90,00 pada kegiatan siklus ke II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah melalui Supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam Pembelajaran Covid-19 sehingga dapat pula meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:2009. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Kemdikbud

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sahertian, A. Piet. 2000. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.3012

Article Metrics

Sari view : 165 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter