PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XII MIPA 3 SMA N 1 PULAU PUNJUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Agustin MN

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi dapat ditingkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X IIS 2 SMA N 1 Pulau Punjung Tahun Pelajaran 2019/2020 dan satu orang guru ekonomi sebagai pengamat. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dengan menerapkan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw. Hasil pada siklus I belum menunjukkan aktivitas yang signifikan, sehingga siklus II dilanjutkan. Perbandingan aktivitas siswa mengalami peningkatan 23,79 % dari 33,71 % menjadi 57,50%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada guru ekonomi lainnya untuk menggunakan metode pembelajaran yang tepat seperti Metode Jigsaw ini, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memperoleh hasil yang memuaskan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahadi, Ansto. 2003. Media Pembelajaran Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud

Whittaker, James O. 1966. An introduction to psychology. Philadelphia, 1966, viii, hal. 224.

Winkel, W. S. 2005. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, J.J. Moedjiono. (1988). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remadja Karya.

Ibrahim, Muslim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press.

M. Ngalim Purwanto. 1998. Psikologi Pendidikan Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i2.2991

Article Metrics

Sari view : 247 times
PDF - 340 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter