PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE MIND MAPPING
Sari
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Latar belakang penelitian adalah tingkat keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik umumnya rendah. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII.A SMP Negeri 5 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data kuantitaif yang berupa hasil belajar menulis teks deskripsi diperoleh melalui latihan atau tugas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa penggunaan pendekatan saintifik dengan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks deskripsi secara signifikan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arsyad Azhar.1997. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Atmazaki.2006. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang:Citra Budaya.
Buzan, Tony dan Barry.2004. Memahami Peta Pikiran : The Mind Map Book Interaksa: Batam.
Buzan Tony. 2009. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Departemen Pendidikan Nasional.2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Finoza, Lamuddin. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Hartono, Bambang. 2012. Dasar-dasar Kajian Wacana. Semarang: Pustaka Zaman.
Semi, Atar. 2003. Menulis Efktif. Padang: Angkasa Raya.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2574
Article Metrics
Sari view : 328 timesPDF - 475 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-