PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE MIND MAPPING

Wilda Suryani

Sari


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Latar belakang penelitian adalah tingkat keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik umumnya rendah. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII.A SMP Negeri 5 Kecamatan Lareh Sago Halaban. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data kuantitaif yang berupa hasil belajar menulis teks deskripsi diperoleh melalui latihan atau tugas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa penggunaan pendekatan saintifik dengan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks deskripsi secara signifikan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad Azhar.1997. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Atmazaki.2006. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang:Citra Budaya.

Buzan, Tony dan Barry.2004. Memahami Peta Pikiran : The Mind Map Book Interaksa: Batam.

Buzan Tony. 2009. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional.2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Finoza, Lamuddin. 2005. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Hartono, Bambang. 2012. Dasar-dasar Kajian Wacana. Semarang: Pustaka Zaman.

Semi, Atar. 2003. Menulis Efktif. Padang: Angkasa Raya.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2574

Article Metrics

Sari view : 319 times
PDF - 466 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter