PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII.3 MTsN 3 PADANG PARIAMAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Salvina Salvina

Sari


Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapakan metode mind map bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dilaksanakan di MTsN 3 Padang Pariaman. Peserta didik berjumlah 34 orang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Data penelitian didapatkan melalui observasi dan pemberian test tertulis, pegambilan data persentase nilai dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat, pada Siklus I Pertemuan ke-1 hanya 16 orang dari 34 orang atau 47% peserta didik memperoleh nilai hasil belajar di atas KKM, hasil tersebut meningkat menjadi 59% di akhir Siklus I, dan menjadi 88,24% pada akhir Siklus II. Peserta didik yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 30 orang dari 34 orang peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata dari 65,82 pada awal siklus menjadi 79,35 pada akhir siklus. Peningkatan total nilai hasil belajar adalah 25,04 dengan peningatan rata-rata nilai tertinggi pada Siklus I Pertemuan ke-1 yaitu sebesar 11,51. Peningkatan hasil belajar juga diikuti dengan ketuntasan belajar dengan peningkatan sebesar 49,78%, peningkatan ketuntasan belajar tertinggi pada Sikus II Pertemuan ke-2 yaitu sebesar 17,65%. Kesimpulan bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran dengan metoda mind map pada Siklus I dan Siklus II dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan Sistem Organisasi Kehidupan dan Klasifikasi Makhluk Hidup.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Maap untuk Anak. Jakarta: Pustaka Utama.

Dahar, R,W. 1989. Teori -Teori Belajar. Jakarta : Erlangga.

Depdikbud. 1975. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, De Porter, dkk. 2000. Quantum Teaching. Penterjemah Ary Nilandari. Bandung; Kaifa.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Haris, Abdul, Asep Jihad. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta: Multi Prasindo.

Hawaya, Sidi Muhammad Muadz-dzin Asis dan Sugeng Hadi Utomo 2016. PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MODERN AL-RIFA’IE GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.09, No.2, 2016, hal: 178-187.

Hudojo, Herman. 2005. Peningkatan Respon peserta didik melalui Pendayagunaan Alat Bantu . Semarang: Dahara Press.

Hudoyo. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo.

Iswanto, Pairun Roniwijaya. 2017. PEMBELAJARAN MODEL MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI SISTEM KELISTRIKAN DAN INSTRUMEN SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN. Jurnal Taman Vokasi Vol. 5, No. 1, Juni 2017 hal: 92-105.

Pratama, Yoga dan Eka Yuniar. 2017. PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR READING COMPREHENSION DI SMK KELAS XI. Diglosia - Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia Vol. 1, No. 2, Agustus 2017 hal: 27-38.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Jogjakarta : Pustaka Pelajar.

Sardiman, A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: PT Raja Grafindo.

Slamet. 2010. Lingkungan Belajar yang Kondusif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama,.

Sudjana, Nana. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah.

Sukmadinata, Nana, Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Suherlin, Syamsul Bardi, dan Alamsyah Taher. 2017. PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIAGAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Volume 2, Nomor 3, Agustus 2017, Hal 122-131.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2571

Article Metrics

Sari view : 175 times
PDF - 345 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter