PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN BOGA DI SMPN 2 GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Misnurina Misnurina

Sari


Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan 1) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan Boga di SMPN 2 Guguak, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Boga di SMPN 2 Guguak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemis dan Mc Tanggar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX 3 SMPN 2 Guguak yang mengikuti mata pelajaran Keterampilan Boga tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil (semester 1) tahun ajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Keterampilan Boga kelas IX 3 SMPN 2 Guguak, kemudian dilanjutkan pada semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terjadi peningkatan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan Boga di SMPN 2 Guguak, 2) terjadi peningkatan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Boga di SMPN 2 Guguak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dimyati, dkk. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Fajar Interpratama offset.

Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2568

Article Metrics

Sari view : 128 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter