THE IMPROVING OF STUDY RESULT IN SOCIAL SCIENCE SUBJECT BY USING DISCOVERY LEARNING MODEL FOR STUDENT IN CLASS VII-3 AT JUNIOR HIGHT SCHOOL NUMBER ONE SUB-DISTRICT OF LUAK

Jusni Jusni

Sari


Artikel penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar IPS terhadap peserta didik di kelas VII-3 SMP Negeri 1.Kec. Luak. Penelitian ini dimulai dengan prasiklus dan dilaksanakan mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari; perencanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan November 2019 di kelas VII-3 SMP Negeri 1 Kec.Luak. Data diolah pada setiap siklus kemudian dianalisis menggunakan presentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan pada hasil belajar peserta didik berupa nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan. Pada prasiklus didapatkan rata-rata ketuntasan peserta didik pada mata pelajaran IPS sebanyak 35% dengan nilai rata-rata 65,17. Kemudian meningkat pada siklus I dengan persentase ketuntasan menjadi 55,17 % dengan nilai rata-rata 74,31 dan mencapai ketuntasan pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,47 dengan persentase ketuntasan mencapai target sebesar 89,66%.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananda Azwar. 2003. Membangun Belajar Aktif Dalam Interaksi Belajar Mengajar di Dalam Kelas. Padang. Jurnal Pembelajaran.

Djamrah Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. Rineka Cipta

Jurnal Edukasi Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat No.1 Volume 3 Tahun 2019 ISSN 2549-9177. Padang

Muhammad Numan Soemantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Permendikbud No.21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.

Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian..

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta

Sukmadinata Nana Syaodih.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2565

Article Metrics

Sari view : 127 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter