PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MERANCANG RPP MELALUI BIMBINGAN BERKALA DI SMPN 3 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN SEMESTER 1 TP. 2019/2020
Sari
Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang peningkatan kompetensi guru dalam merancang RPP melalui penggunaan metode bimbingan berkala di SMPN 3 Kecamatan Lareh Sago Halaban Semester 1 TP. 2019/2020.
Subjek penelitian adalah guru-guru yang belum mampu merancang RPP yang baik dan berkualitas, dengan jumlah 5 orang, yaitu laki-laki sebanyak 1 orang dan perempuan 4 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, dan masing-masing siklus dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan didampingi oleh teman sejawat sebagai observer dengan menggunakan lembar observasi, jurnal lapangan dan instrument penilaian RPP. Kemudian hasil pengamatan akan dianalisis dengan melihat peningkatannya dalam setiap siklus. Pada siklus 1 rata-rata kompetensi guru merancang RPP sebesar 67, 27%. Pada Siklus 2 meningkat menjadi 76,97%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam merancang RPP dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9,7%. Sementara kompetensi guru merancang RPP dari siklus 2 ke siklus 3, juga terjadi peningkatan. Pada siklus 2 kompetensi guru merancang RPP sebesar 76, 97%, sementara pada siklus 3 menjadi 88, 48%. Maka terjadi penigkatan sekitar 11,22%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bimbingan berkala dapat meningkatkan kompetensi guru dalam merancang RPP di SMPN 3 Kecamatan Lareh Sago Halaban semester 1 TP. 2019/2020.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asma, Nur dkk. 2007. Silabus dan Hand Out Perencanaan Pengajaran. Padang: UNP.
Depdiknas. 2007. Pedoman Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: BSNP.
Lubis, Syahron. 2007. Modal Proses Pembelajaran Rayon. Padang: Universitas Negeri Padang.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2006, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nana, Sudjana. 2008. Supervisi Akademik. Jakarta : Binamitra Publishing.
Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakart : Rineka Cipta.
Sutjipto. 1993. Profesi Keguruan. Padang: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Taufik. 2009. Merencanakan dan Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah. LPMP Sumatera Barat.
Zulkarnaini. 2007. Perangkat Kurikulum dan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP. LPMP Sumatera Barat: Depdiknas
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2563
Article Metrics
Sari view : 143 timesPDF - 107 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-