UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS

Gustina Gustina

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga pertemuan; Setiap siklus dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti memilih 25 siswa kelas XII IPA 2 SMA N 1 Sitiung Semester 1 Tahun Ajaran 2015/2016 sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian siklus I, aktivitas siswa dalam mengikuti penjelasan materi mencapai 77,33%, menjawab soal dan menyelesaikan soal pada soal latihan 61,33% dan keaktifan siswa menjawab soal pada diskusi kelas 54,67%, tetapi rendah pada kegiatan diskusi kelompok yang hanya mencapai 37,33%. Sedangkan pada siklus II masing-masing indikator aktivitas belajar siswa meningkat, aktivitas mengikuti pembelajaran 84%, berdiskusi berkelompok mencapai 74,67%, berpartisipasi dalam menjawab dan memecahkan soal latihan soal mencapai 88% dan menjawab soal dalam diskusi kelas 62,67 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XII IPA2 SMA N 1 Sitiung dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran Matematika.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alpandie, Imansyah. 1984. Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya: Usaha Nasional

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Erman Suherman dkk. 2001. Strategi pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia

Maryunis, Aleks. 2000. Peranan Pemetaan Informasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa SLTP Kodya Padang (Laporan Penelitian). Padang: Jurusan Matematika UNP

Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. raja Grafindo Persada

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2300

Article Metrics

Sari view : 153 times
PDF - 102 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter