PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN

Delyetri Delyetri

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui Penerapan Cooperatif Learning Tipe Time Token siswa kelas VII siswa kelas VII.b dengan jumlah siswa 29 orang.Penelitia ini dilakukan dua siklus dengan instrumen penelitian I dan II. . Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, Secara Berdasarkan hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe Time Token terjadi peningkatan aktivitas selama pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.Aktivitas kesiapan menghadapi pelajaran dan aktivitas selama pembelajaran pada umunya sudah mengalami peningkatan dan dari hasil ulangan siklus I dan siklus II diketahui bahwa melalui penerapan Cooperative Learning Tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 58,08 menjadi 67,60 dan banyak siswa yang mencapai SKBM dari 5 orang (20%) menjadi 19 orang (76%). Siswa yang nilainya mengalami peningkatan sebanyak 14 orang (56%).
Kata Kunci: Aktivitas Belajar,Hasil Belajar , Cooperative Learning Tipe Time Token

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almash, Lutfian, dkk. (1998). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. PadangJurusan Pendidikan Matematika FMIPA IKIP Padang.

Hamalik, Oemar. (1987). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar berdasarkan CBSA.

Bandung : Sinar Baru

Ibrahim, Muslim, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya.

Lidia, Nining, (2005). Meningkatkan Motivasi Siswa dengan Pemberian Free Test Awal

Pada Setiap kali Pertemuan. (Skripsi), Program Sarjana UNP Padang Lie, Anita. (2002). Cooperatif Learning. Jakarta : Grasindo

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya

Sardiman, AM. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo

Sujana, Nana. (2001). Penelitian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.

Suherman, Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer.

Jica. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tim PPPG Matematika Yogyakarta. (2003). Perencanaan Pembelajaran Matematika.Departemen Pendidikan Nasional

Wiwi Juita,(2007).Penerapan Cooperative Learning Tipe Time Token.( PTK)

Nurdyansyah, dan Eni Fariyatul Fahyuni(2016). Inovasi Model Pembelajaran .

Wiwi Juita,(2007.Penerapan Cooperative Learning Tipe Time Token.( PTK)




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2236

Article Metrics

Sari view : 158 times
PDF - 159 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter