UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X 4SMANEGERI 1 SUNGAI TARAB MELALUI METODEDISKUSI KELOMPOK DISERTAI LDS
Sari
Permasalahan yang penulis hadapi sebagai guru Biologi di SMA Negeri 1 Sungai Tarab adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar biologi. Cara yang diperkirakan dapat membantu untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran adalah dengan melalui metode diskusi kelompok yang disertai dengan LDS. Dengan adanya metode diskusi dengan memberikan LDS kepada siswa diharapkan akan membuat semua siswa berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Oleh karena itu penulis perlu melaksanakan suatu penelitian tindakan kelas dengan judul “Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri1Sungai Tarab Melalui Metode Diskusi Kelompok disertai LDS”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap penerapan metode diskusi kelompok yang disertai dengan LDS?
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui pemberian kuis, hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa yang berpartisipasi aktif menjawab soal siklus I 34 % , siklus II 48,3 %, aktif mengajukan pertanyaan siklus I 22,25%, pada siklus II 32,2 %, siswa yang aktif mendengarkan uraian siklus I 48,3 %, siklus II 54,3 %, siswa yang mengemukakan pendapat siklus I 32,2 %, siklus II 43,5 %, dan siswa yang mengerjakan soal kuis siklus I 41,9 %, siklus II 54,3 %. Berdasarkan data yang diperoleh selama pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pemberian kuis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil berlajar siswa.
Kata Kunci: Aktivitas belajar, metode diskusi, LDS
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad,Rohani. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta :Rineka Cipta
Alipandie, I.1984. Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya: Usaha Nasional.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar . 2006. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gulo, W. 2002.StrategiBelajarMengajar. Jakarta :Grasindo.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan, J.J. Moedjiono. 1988. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remadja Karya.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. MenyemaiBenihTeknologiPendidikan.Jakarta :KencanaPrenada Media Group.
Nasution, S. 1995. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Sadiman, Arief, dkk. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: dikbud dan Raja Grafindo Persada.
Silberman, Melvin. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusadiya dan Nuansa.
Slameto. 2003. BelajardanFaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1343
Article Metrics
Sari view : 151 timesPDF - 113 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-