PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X6 SMAN 1 SUNGAI TARAB
Sari
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti khususnya dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar, terdapat beberapa fakta yang tidak memuaskan dalam pembelajaran berupa rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh aktifitas belajar peserta didik yang rendah dimana sebahagian besar peserta didik malasmembaca buku dan dalam pembelajaran banyak pasif serta tidak mau bertanya ataupun menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru apalagi memberikan gagasanatau ide dalam proses pembelajaran, untuk itu perlu dilakukan perbaikan dalam pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Setelah dilakukan penelitian selama dua siklus, ternyata peneliti berhasil meningkatkan kemampuan belajar geografi siswa kelas X ,dan berdasarkan perhitungan akhir penilaian selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran melalui penggunaan media visual dua dimensi, diperoleh berupa peningkatan indikator aktifitas belajar dan peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus satu yaitu 36,11% menjadi 83,33% pada siklus dua. Angka ini dapat memberikan gambaran bahwa penyajian media visual mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik
Kata kunci : Media Visual, aktivitas
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
------------. (2006).Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.
------------. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas Republik Indonesia.
Marial. (1993). Terus Belajar Kuliah Aktif. Padang: Angkasa.
Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2002). Metoda Statistika.Bandung : Tarsito
Sumaatmadja, Sumadi. (2008). Metodologi Pengajaran Geografi. Bandung : Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v6i1.1334
Article Metrics
Sari view : 212 timesPDF - 177 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-