PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS SOFTWARE MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Nurul Afifah, Ria Karno Ria Karno

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash  terhadap materi sistem ekskresi pada manusia untuk tingkat siswa kelas XI SMA. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan September 2018 di SMA N 2 Rambah Hilir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur penelitian ini adalah dengan memodifikasi model Borg&Galldan Dick&Carey. Dari hasil penelitian didapatkan penilaian dari ahli materi yaitu 85% (kategori sangat layak), penilaian ahli pembelajaran 84% (kategori sangat layak), penilaian guru 81% (kategori sangat layak) dan penilaian dari siswa yaitu 85,04% (kategori sangat layak).

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Borg&Gall, Macromedia Flash


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. dan Cepi,S.A.J. 2014.Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Astuti, S., Ishafit dan Mohammad,T. 2011. Pemanfaatan Media Pembelajaran (Macromedia FlasH dengan Pendekatan Kontruktivisme dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Fisika pada Konsep Gaya. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ayubi, S.A dan Haning, H. 2015. The Development of Learning Media of Realistic Mathematics Learning Based Macromedia Flash on Rectangle and Square Materials for Junior High School Student.Educatione Vol 3 No 1.

Deswita,H.2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Padang.

Fadliana, H.N; Tri, R dan Nanik, D.W. 2013. Studi Komparasi Penggunaan Metode PBL dilengkapi dengan Macromedia Flash dan LKS terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Materi Asam, Basa dan Garam Kelas VII SMP N 1 Jaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Vol 2 No 3.

Fero,D. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Mata Pelajaran TIK Pokok Bahasan Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK Di SMAN 2 Bangun tapan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Kom, HARIYADI S. "Pengembangan Sistem Pakar Berbasis Aturan Untuk Menentukan Mata Kuliah Yang Akan Diambil Ulang (Remedial) Dengan Metode Forward Chaining." Menara Ilmu 10.60-65 (2017).

Krisnawati, T. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Biologi di SMA. Jurnal Ilmiah Guru “COPE” No. 02.

Ismanto, H. 2012. Pembuatan alat Bantu Ajar Bahasa Inggris pada TK OKKI Internasional menggunakan Macromedia Flash Proffessional 8. Jurnal Ilmiah Mustek Anim HaVol.1 No. 1.

Mustikasai,I.,Nur,R.U., dan Supriyanto.2012. Efektivitas Pemanfaatan Macromedia flash dengan Pendekatan SAVI Materi Sistem Gerak di SMAN 1 Kajen.Unnes Journal of Biology Education.ISSN2252-6579 (2).

Munir, T dan Sumiati, S. 2012. Pengembangan Media Chemo-edutainment melalui Software Macromedia Flash pada Pembelajaran IPA KIMIA SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 18, No. 2. Juni 2012:156-162.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ratnawati,R.,dan TriI.T. 2013. Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tasikmadu. Prosiding pada Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTIUNSA Vol 2 No1 Maret 2013 ISSN; 2302-1136.

Retnani, F.Y; Sukardjo, J.S dan Suryadi, B.U. 2014. Penerapan Metode Numbered Heads Together (NHT) disertai Macromedia Flash untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar SiswaMateri Struktur Atom, Sistem Periodik, dan Ikatan Kimia Kelas XI IPA 4 SMA N 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Sakti,I.,Yuniar,M.PdanEko,R.2012.Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswadi SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta Vol. X NoI.

Saputri, D.S; Handoko, S dan Agil,L. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi dengan Macromedia Flash Berbasis Lagu Sains. Seminar Nasional Pendidikan (Semnasdik FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro) ISBN: 978-602-70313-2-6.

Tina, A.S; Asni, J dan Afreni, H. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Materi Sistem Saraf untuk KElas XI SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan ilmu Kependidikan Universitas Jambi.

Vita,D.2015. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Siswa Kelas XI IPA SMA N 2 Banguntapan Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Wahyuningsih dan Jamaluddin, K. 2015. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash dan implikasinya terhadap Keterampilan Metakognitif dan Penguasaan Konsep SiswaKelas VIII SMPN 6 Mataram. Jurnal Pijar MIPA Vol. X No. 1, Maret 2015:47-52.

Windi, A. S dan Dimara, K.H. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Guna Peningkatan Prestasi Siswa KelasVII SMP Negeri2 Sumbang. JUITA.ISSN: 2086-9398 Vol.II No.1.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i2.1143

Article Metrics

Sari view : 591 times
PDF - 522 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter