UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DI KELAS VII C SMPN 1 TIMPEH

Naimah Mardiah Hrp

Sari


Penelitian tindakan kelas telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Timpeh dengan tujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui Model Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). Pembelajaran yang berlangsung secara konvensional mengakibatkan hasil pembelajaran belum maksimal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Setiap kali pertemuan proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif STAD. Instrumen  pengumpul data yaitu lembar kerja siswa, lembar soal ulangan harian, dan lembar observasi yang diisi observer. Langkah-langkahnya yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi untuk setiap siklus. Akhir siklus diadakan ulangan harian dengan  rata–rata mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 58,5 meningkat menjadi 73,9 pada siklus II. Nilai latihan masing-masing individu mengalami peningkatan setiap pertemuan.  Pembelajaran  melalui  Model kooperatif STAD dapat meningkatkan  hasil belajar siswa.    

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Kooperatif  STAD


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ismail, dkk. 2008. Pembaharuan dalam pembelajaran matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kasihani Kasbolah E.S, I Wayan Sukarnyana. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Universitas Negeri Malang.

Nugraha, Enung. 2016. Evaluasi Pendidikan pada Jenjang PAUD.

file:///C:/Users/ASUS/Downloads/197-145-601-1-10-20170125.pdf, diakses pada tanggal 1 Agustus 2017

Rusman. 2011.Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ahmad, Sabri. 2007. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, Quantum Teaching. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i2.1141

Article Metrics

Sari view : 232 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter