UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LIPS CARD GAMES DI KELAS VII.1 SMP NEGERI 2 KOTO BESAR KABUPATEN DHARMASRAYA

Eliyarni Eliyarni

Sari


Berdasarkan nilai pre tes didapatkan data rendahnya hasil belajar siswa, dari 30 siswa yang tuntas 18 orang (60 %) dan 12 orang (40 %) belum tuntas dengan nilai rata-rata 58.46. Nilai rata-rata ini masih jauh dari nilai KKM IPS  yaitu 65 dengan ketuntasan klasikal 85 %. Hal ini disebabkan materi Kehidupan Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra Sejarah  merupakan materi yang sulit dipahami siswa. Hal ini bisa dipahami karena materinya menyangkut masa lampau dan materinya padat. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning dengan menggunakan media LIPS CARD GAMES dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Manfaat Penelitian adalah agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan, menjadi alternatif model/ media bagi guru sejenis atau bisa dimodifikasi oleh guru mata pelajaran lain. Penelitian  dilaksanakan dengan  dua siklus, setiap siklus diadakan dua  kali pertemuan. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning dan media LIPS CARD GAMES dengan langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksaanaan  tindakan, evaluasi setiap akhir siklus I dan II. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pre test rata-rata 58.46  menjadi 63.20 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 70.12 pada siklus II dan ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari 60 % menjadi 75 % dan diakhir siklus II menjadi 87 %. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dan   media LIPS CARD GAMES pada Mata Pelajaran IPS di SMP dapat dijadikan alternatif model pembelajaran  bagi guru lain.

Kata Kunci : Hasil Belajar , Cooperative Learning,  media LIPS CARD GAMES dan SMPN 2 Koto Besar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogjakarta: Deepublish.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdiknas RI.

Duludu, Ummyssalam, 2017. Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS. Yogjakarta: Deepublish.

Febriana, A. 2011. Penerapan Model Pembelajarran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. KREATIF. Jurnal Kependidikan Dasar Volume 1, Nomor 2, Februari 2011. Volume 1, Nomor 2, Februari 2011. Hal;151-161.

Hadiyanto. 2016. Teori dan Pengembangan Iklim Kelas dan Sekolah. Jakarta: Kencana.

Izzan, Ahmad. 2012. Membangun Guru Berkarakter. Bandung: Humaniora.

Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Deepublish.

Kemmis dan Taggar, 1998, The Action Research Planner, 3rd ed. Victoria: Deaklin University.

Sadiman, Arief. 2007. Media Pendidikan. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Solihatun, E dan Raharjo. 2008. Cooperative Learning (Analisis Pembelajaran IPS). Jakarta: Bumi Aksara

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i2.1136

Article Metrics

Sari view : 170 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter